Beranda IT VirtualBox Cara Menggunakan Virtualbox untuk Install Linux dan Windows

Cara Menggunakan Virtualbox untuk Install Linux dan Windows

1

Kali ini Meretas DC akan membahas bagaimana cara install suatu sistem operasi pada Virtualbox atau cara membuat mesin virtual di Virtualbox.

Artikel Cara Menggunakan Virtualbox ini akan saya jelaskan dengan bahasa yang paling sederhana agar mudah dipahami.

Oke, Mari kita mulai saja.

Sebelumnya, pastikan aplikasi Virtualbox sudah terinstall. Virtualbox bisa di download DISINI (web resmi virtualbox). cara installnya gampang, cuma next next saja.

Pastikan juga anda sudah memiliki file image dari Sistem Operasi yang ingin anda jalankan pada mesin virtual misalnya image os linux berekstensi .iso jika anda ingin mencoba linux.

Kalau keduanya sudah siap maka langsung saja kita mengikuti langkah langkah di bawah ini.

Saran saya sebaiknya baca dulu artikel Pengertian dan Fungsi Virtualbox

Berikut adalah cara membuat mesin virtual menggunakan virtualbox :

Menentukan Nama dan Sistem Operasi

Saya asumsikan bahwa program Virtualbox sudah terinstall pada komputer anda.
Pertama, buka dulu software VirtualBox nya dan Klik New untuk membuat mesin baru. Maka akan muncul pop up jendela baru.

Beri nama pada mesin virtual yang akan anda buat. Nama tersebut bisa saja anda ubah di lain waktu.

Tentukan juga os apa yang akan anda install. Disini kita harus tau versi OS tersebut menggunakan 32bit atau 64bit. Jika komputer anda menggunakan os 32bit maka anda tidak dapat menjalankan mesin virtual yang ber OS 64bit. Tapi jika OS komputer anda 64bit anda tetap bisa menjalankan mesin virtual 32 maupun 64bit.

menggunakan virtualbox
pilih versi yang sesuai

Set Besaran Ram

Selanjutnya tentukan RAM yang akan dipatrikan khusus untuk menjalankan mesin virtual. Dikira-kira saja berapa ram minimal yang diperlukan untuk menjalankan OS tersebut. Jangan takut salah, jumlah RAM yang dialokasikan dapat di rubah ulang nanti. saya sendiri menggunakan 512 MB RAM untuk menjalankan windows xp.

 

Membuat Hardisk Virtual

Selesai menentukan besaran RAM, akan muncul halaman untuk membuat hardrive virtual.

Pilihan ‘Create a Virtual Hard Drive now’ dipakai untuk membuat Drive Virtual baru. Sedangkan pilihan ‘use an existing virtual hard drive file’ digunakan untuk memasang mesin virtual yang sudah ada.

Jadi, sebenarnya Mesin virtual yang kita buat dapat di pindah pindah ke Virtualbox lain. Nah, Karena kita akan membuat mesin virtual baru maka pilih Create.

menggunakan virtualbox
buat hardisk virtual

Tentukan tipe drive virtual yang akan kita buat. Default nya Virtualbox menggunakan tipe VDI. Sedangkan tipe lainnya adalah tipe file yang digunakan oleh aplikasi virtual lainnya seperti vmdk yang digunakan pada aplikasi virtual VMware dan lain lain. Disini saya memilih VDI.

menggunakan virtualbox
pilih tipe file untuk hardisk virtual

Selanjutnya menentukan bagaimana cara drive virtual tersebut akan disimpan. Terdapat dua pilihan yaitu :

  • Dynamically allocated, kapasitas yang akan terpakai oleh file VDI akan mengikuti seberapa besar ukuran file yang di gunakan. Jika isi file virtual drive nya cuma terisi 5 Gb maka ukuran file VDI tersebut ya 5 Gb dan akan bertambah jika anda menambah isinya.
  • Fixed size, kapasitas file yang digunakan adalah tetap. yaitu sebesar ukuran yang sudah kita tentukan. menggunakan fixed size jika anda membuatnya 10 GB maka kapasitas maksimal yang bisa ditampung juga 10 GB.

Sebaiknya jika anda tidak sedang berhemat ruang hardisk gunakan fixed size saja. Karena ukurannya akan tetap, tidak berubah. Efeknya proses baca tulis akan lebih cepat.

menggunakan virtualbox
pilih fixed size

Pada halaman selanjutnya anda akan menentukan dimana lokasi untuk menyimpan file drive virtual tadi. Untuk merubah lokasi sesuai yang anda inginkan klik gambar folder warna kuning.
Tentukan juga berapa besaran hard drive yang akan dibuat. Besaran yang disarankan adalah 10GB atau lebih. Untuk Sistem Operasi linux minimal yang disarankan adalah 4GB.

Tekan Create maka sebuah mesin virtual kosong akan dibuat.

menggunakan virtualbox

Hasilnya adalah seperti gambar di bawah. Dalam mesin virtual pada contoh saya membuat satu mesin dengan OS Ubuntu dan satu mesin dengan OS windows XP. dimana OS untuk mesin virtual WindowsXP nya masih kosong.

menggunakan virtualbox

Mounting File Iso ke Mesin Virtual Kosong

Selanjutnya pilih mesin virtual kosong tadi, klik setting. Pada settingan storagenya klik Empty CD lalu masukkan file Iso Sistem Operasi yang kita inginkan seperti pada gambar dibawah. Tekan OK.
Hal ini membuat seolah olah anda memasukkan sebuah CD kedalam sebuah komputer virtual.

Install virtualbox
Kemudian jalankan mesin virtualnya. Lanjutkan tahap penginstallan seperti pada saat install OS komputer yang sebenarnya. SELESAI

Begitulah cara membuat mesin virtual pada Virtualbox. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

1 KOMENTAR

  1. thanks bray….!!! jgn bosen2 share ilmunya….!!! klo ibaratnya sampeyan itu botol aer minum, ane pengennya botol tsb di jungkir balik biar aernya tumpah disini(meretas DC) smua smp ttk trakhir , biar kita kita smua pada bsa baca….!!! itung2 gratis…. hahaa…!!! keep update and i’ll be waiting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here