Beranda IT VirtualBox Setting Mode Jaringan Pada Virtualbox

Setting Mode Jaringan Pada Virtualbox

5

Dalam Virtualbox, setelah kita menginstall suatu Sistem Operasi bukan berarti sistem operasi virtual itu menjadi sebuah sistem yang hidup sendirian seperti pajangan saja. Sistem Operasi tersebut bisa berjalan selayaknya komputer biasa yang dapat dihubungkan kedalam suatu jaringan komputer. bahkan ada beberapa pilihan mode jaringan yang bisa kita pilih untuk di terapkan.

Untuk mengkonfigurasi mode jaringan pada virtualbox dapat dilakukan pada menu Setting (setelah memilih os) kemudian Network lalu sesuaikan pilihan Attached to seperti pada gambar.

mode jaringan pada virtualbox
setting – network – enable – attached to

Berikut adalah Penjelasan Mode-Mode jaringan pada Virtualbox

1. NAT

Merupakan setting jaringan default pada Virtualbox. Mode NAT memungkinkan komputer utama kita (host) berbagi jaringan Internet terhadap komputer virtual (guest). Dalam mode NAT komputer guest akan menggunakan IP komputer host untuk terhubung ke Internet.

Setting jaringan dengan model ini akan membuat komputer guest dapat melakukan ping ke komputer host namun komputer host tidak dapat melakukan ping ke komputer guest. Jika anda hanya ingin agar mesin virtual anda dapat terkoneksi ke internet maka gunakan mode NAT.

 

2. Bridged Adapter

Mode Bridged Adapter membuat guest dan host terlihat seperti dua komputer berbeda yang terhubung secara fisik ke jaringan yang sama. komputer guest tidak lagi dianggap virtual melainkan terbaca seperti komputer asli. oleh karena itu dalam mode ini IP komputer guest harus disamakan subnetnya dengan host.

Penggunaan mode Bridged ini ada syaratnya, yaitu komputer host harus terhubung ke dalam suatu jaringan. Saya sendiri menggunakan mode ini untuk membuat server anti virus didalam virtualbox.

 

3. Internal Network

Mode Internal Network membuat komputer guest terhubung pada jaringan internal. yang dapat berkomunikasi hanya sesama komputer di lingkungan virtual saja. biasanya digunakan untuk simulasi jaringan dengan menghidupkan banyak mesin virtual sekaligus.

 

4. Host-only Adapter

Mode Host-only dapat menghubungkan komputer guest dengan komputer host seolah-olah terhubung melalui jaringan. Bedanya dengan mode Bridged adalah Mode Host-only Adapter tidak mengharuskan host terhubung ke jaringan.

Empat mode diatas saja yang sering digunakan dalam konfigurasi Network pada Virtualbox. selebihnya jarang dipakai.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

5 KOMENTAR

  1. Gan virtual box bisa digunakan untuk simulasi DRP (Disaster Recovery Planning )Pada mail server gak ? Atau sistem back up data email dari server yg satu ke server yg lainnya ? Makasih sebelumnya.

    • terus terang saya belum pernah coba gan . namun saya pernah coba install oracle di virtualbox dan server virtual tersebut berjalan seperti semestinya. jadi ada kemungkinan simulasi DRP mail server bisa dilakukan..

  2. saya ingin membuat ujian online di kelas (dengan menggunakan wifi router) tanpa internet. tp dengan ip address yg saya tentukan, dan siswa tinggal mengetik ip tersebut dan masuk ke aplikasi saya. apa cara yg bisa saya lakukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here