Beranda Film Batman v Superman : 20 hal buruk yang sebenarnya masuk akal

Batman v Superman : 20 hal buruk yang sebenarnya masuk akal

18

Setelah menonton Batman v Superman dan membandingkan antara penilaian pribadi, penilaian teman dan dengan rating di situs Rotten Tomato yang sangat rendah saya jadi tertarik untuk mengulasnya.

Bagaimana bisa ada yang bilang bagus sekali dan jelek sekali sekaligus. ?

Pikir saya mungkin sebagian sisi yang tidak menyukai film ini adalah orang yang tidak mengerti jalan ceritanya, mengharapkan film mudah bernuansa lebih ceria seperti Avenger yang tinggal duduk manis dan tonton saja.
Namun ada juga yang menyadari ketidak logisan besar pada film ini seperti saya.

Pada orang orang bertipe nomer 2 inilah artikel ini saya tujukan. Harapannya adalah agar ketidak logisan tersebut bisa terjelaskan meskipun tidak semuanya.

Bagi saya pribadi film ini sudah lumayan bagus, menontonnya dapat membuat saya menahan nafas beberapa waktu, pertarungannya keren, keanehan kecil nya terabaikan oleh serunya aksi pertarungan yang di iringi musik yang luar biasa.

Satu yang membedakan DC Comic dengan Marvel, tone yang sangat serius dan gelap, minim lawakan. Kita hanya dapat merasakan amarah dan emosi kedua pahlawan di dalamnya. Namun nuansa ini ternyata tidak cocok untuk semua orang.

batman V superman review dan penjelasan

Menonton BvS memang tidak semudah menonton film superhero biasa karena jalan ceritanya berlapis lapis dan sangat banyak konsep yang di bawa.

Ini upaya DC Comic agar dunia mereka benar benar terhubung, sehingga bisa lebih realistis dari sisi penggabungan semesta Superheronya. Sisi lemahnya film ini menjadi kurang fokus.

Nah agar tidak bingung, sebelum menonton BvS setidaknya kita sudah menonton Man of Steel dan film Solo Batman terlebih dahulu, namun anehnya film batman belum dibuat. DC Comic melakukan pendekatan yang berbeda. Penyajiannya di lakukan secara tebalik.

Malah melalui Batman v Superman inilah kita bisa menebak apa yang akan terjadi pada film solo Batman nanti. Berkat hal hal seperti ini saya menjadi yakin bahwa jalan cerita super hero lain sudah dipersiapkan secara garis besar oleh DC. keren !!

Sebagai catatan, Batman v Superman versi bioskop yang kita bahas adalah hasil pemotongan film yang harusnya berdurasi lebih lama. jadi ada baiknya jangan melakukan penilaian terlalu buruk sebelum melihat versi lengkap.

Jujur, Saya berharap banyak pada Batman v Superman versi Director Cut yang akan di rilis dalam format bluray nanti. yang artinya pada kondisi sekarang ini saya masih belum puas.

Oke langsung saja ini dia pertanyaan pertanyaan yang menyelimuti kita saat menonton film ini. Saya kemas menjadi bentuk tanya jawab. Mulai dari yang ada jawabnya sampai yang benar benar tidak bisa saya jelaskan.

Review batman v superman

 

1. Motivasi apa yang membuat Lex Luthor menjadi jahat dan sangat membenci Superman ?

Simpel nya Lex Luthor disini seorang psikopat gila tapi jenius. Diduga Lex menjadi kurang normal dari segi pemikiran karena masalalu bersama ayahnya yang kelam.
“where was god to protect me from my father with his fist and abominations”

Nah kehadiran Superman bagaikan dewa yang jahat baginya.
Lex juga menyadari bahwa Superman dapat menjadi ancaman yang paling serius di muka bumi.

Ketika Luthor mengerti bahwa Superman punya kelemahan. Ia berkeinginan membunuhnya. Tapi Lex harus membuat alasan yang dapat diterima dunia lebih dahulu.

Jadi Lex luthor membunuh banyak orang di Nairobi hanya agar Superman dibenci dan meledakkan Parlemen agar kebencian itu lebih nyata.

Lex Luthor hampir mirip seperti super villain Adrian pada film Watchmen, Adrian mengorbankan sejuta manusia untuk menyelamatkan miliaran manusia. bedanya Lex Luthor punya tujuan lebih khusus daripada harus menyelamatkan manusia.

 

2. Kenapa Superman tidak membersihkan sisa World Engine di Samudra India ?

SUPERMAN TIDAK TAHU bahwa disana (bahan world engine) ternyata ada batu kripton yang bisa mengalahkan dirinya.
Dia besar di bumi dan pengetahuan tentang batu kripton tersebut pastinya belum diketahui Superman.

 

3. Apa tujuan Lex meledakkan Parlemen, Senator dan Asistennya sendiri.

Yang paling susah di jelaskan dari suatu kejahatan adalah alasan kejahatan dari penjahat yang gila , psikopat atau aneh. Meskipun Peledakan bom tersebut bukan tanpa alasan. ini yang bisa saya tangkap.

  • Karena Senator mengganggu keinginan Lex terhadap pengimporan batu kripton dimana Lex luthor sebelumnya menginginkan agar Senjata dengan bahan kripton di ciptakan secara legal dan pembunuhan Superman didasari keamanan Negara.
  • Karena mungkin pembunuhan Senator merupakan syarat bagi lex untuk mendapatkan ijin akses ke kepal kriptonian tersebut oleh salah satu orang berjas yang di ajak lex bicara.
  • Karena persidangan sebelumnya adalah tentang kesaksian seseorang tentang pembunuhan yang dilakukan Superman di Nairobi dan Lex Luthor tidak memberi kesempatan kepada Superman untuk membela diri di persidangan yang sedang berjalan.
  • Karena misi utama Lex Luthor dari ledakan tersebut adalah untuk menyerang hati superman, serangan Psikologis dengan menciptakan sosok orang yang begitu membencinya sampai sampai melakukan bom bunuh diri.
  • Karena ledakan tersebut menjadi tanda ke seluruh dunia bahwa masyarakat yang membenci superman itu ADA dan mereka cukup serius.

 

4. Kenapa Superman tidak mendengar adanya bom di persidangan. kan punya pendengaran super ?

Pasti pikir anda bom tersebut adalah bom yang berdetak, bom waktu. kalau benar begitu Superman sudah pasti akan mendengarnya. namun jika bom itu adalah bom remote jarak jauh dan bentuknya di desain khusus untuk tidak di sadari superman, Bom Kursi Roda Khusus ? apakah masih kurang bisa di terima ?. Hal ini terjawab pada Batman v Superman versi cut off. Ternyata metal yang digunakan adalah metal khusus.

 

5. Mengapa Batman sangat gampang dipengaruhi Lex Luthor ?

Sebenarnya Batman tidak sepenuhnya di pengaruhi lex , namun gerakan dan trik Luthor cukup untuk memicu keputusan Batman.
Alasan mengapa Batman ingin membunuh Superman adalah karena menurutnya jika 1 persen saja ada kemungkinan Superman berubah menjadi jahat maka 1 persen itu sudah menjadi 100% alasan untuk membunuh Superman.

Gambaran Superman menjadi jahat terlihat sepintas entah dari dimensi dan masa yang mana. bahkan ada dialog dengan The Flash yang memprovokasi.

Mengenai gambaran penglihatan itu akan di bahas pada poin lain. intinya Superman bisa menjadi pahlawan super tanpa ampun yang kehilangan rasa kemanusiaannya ketika Lois Lane mati.

kata Superman “she is my world” “Dan kau merenggutnya dariku”
ternyata kelemahan terbesar superman bukan batu kripton tetapi Lois Lane.

 

6. Mengapa Superman tidak langsung datang ketika ibunya dalam bahaya seperti ketika Lois Lane dalam bahaya ?

Superman tidak sesuper yang kita bayangkan, ingat ketika di Man of Steel ? Superman mendengar semuanya pada jarak tertentu, dan melihat semuanya pada jarak tertentu, dan itu semua tidak berjalan baik untuknya.

Apa yang harus dia lakukan untuk mendekati normal adalah dengan berfokus pada satu titik. dalam hal ini Superman selalu berfokus pada Lois Lane dan menjaga jarak agar ia selalu dapat mengawasi Lois Lane. sedangkan ibunya berada jauh di Smallvile, Kansas.

Pada kasus pertama lois lane sedang melakukan wawancara dengan mafia di Nairobi Afrika, mengapa superman bisa langsung hadir kesana ternyata merupakan suatu pertanyaan juga bagi Lois Lane nya sendiri. tapi jawaban yang paling pas adalah Clark kent sudah mengetahui bahwa Lois lane melakukan wawancara di daerah itu. keduanya adalah wartawan, satu kantor pula, jadi mestinya Clark sudah mengetahui Lois akan kemana dan dia akan berjaga jaga.

pada kasus kedua, Superman tidak menyadari ibunya dalam bahaya karena ibunya berada jauh.

memang seharusnnya ada tambahan detail cerita ketika ibu superman di sekap, misalnya ada jebakan peluru kripton untuk superman yang menunggu di lokasi penyekapan sehingga ibu superman tidak bersuara sedikitpun karena takut Clark anaknya akan mati.

 

7. Kenapa Batman mengurungkan niatnya untuk membunuh Superman hanya karena mendengar nama Martha ?

Setidaknya adegan ini membuat masa lalu bruce yang di tayangkan di awal menjadi memiliki arti.
Sebagian orang bisa menerima hal ini, sebagiannya lagi mengutuknya. syukurlah saya termasuk yang bisa menerima.

Ini penjelasannya. Pernahkah anda melihat seseorang yang takut pada rambutan ? aneh ya bagi anda. ketakutan aneh tersebut pastinya karena suatu trauma dan sangat beralasan bagi penderitanya. Begitu pula yang terjadi pada Batman.
Saat ketika ibunya terbunuh menjadi salah satu trauma bagi Bruce. Dia selalu mengingat masa dimana ia tidak mampu melindungi kedua orang tuanya. tidak mampu melindungi Martha Wayne.

Begitu pula saat Bruce menyelamatkan anak salah seorang pegawainya. Bruce menanyakan “dimana ibumu ?” dan anak tersebut menyadari ibunya mati di atas gedung karena pertempuran Zod dan Superman. terlihat dari matanya Bruce begitu marah. Kegelapan hatinya selalu bersinggungan ketika seseorang kehilangan ibu atau ayahnya.

Ketika Lois Lane memberitahu bahwa Martha adalah ibu Superman akhirnya Batman melihat dia sebagai sosok yang berbeda, lebih daripada alien yang tersesat di bumi. dia melihat emosi manusia di dalam diri Superman. Kemarahannya bertolak belakang dengan sosok Superman yang panik kehilangan Ibunya.

Ingat, alasan batman ingin menghabisi superman bukan karena ia 100% membencinya, namun karena kemungkinan 1% superman akan menjadi jahat.

 

8. Dalam dialog Lois Lane ketika menghentikan batman untuk menombak superman. darimana Lois Lane tahu masa lalu Batman ?

Superman sudah mengetahui identitas Batman, dan Lois Lane adalah pacarnya Superman. baik Lois dan Clark adalah wartawan pencari berita. jadi sewajarnya memang Lois Lane tahu riwayat Bruce Wayne. Milliader yang ayah ibunya mati di bunuh. cerita tersebut pastinya merupakan cerita besar di kota Gotham.

 

9. Apa yang dipikirkan Lex Luthor ketika membuat Doomsday ? apa rencana akhir terhadap Doomsday jika Superman sudah di kalahkan ?

Konyol ya ingin menghancurkan dewa dengan menciptakan dewa penghancur lainnya.

Sebenarnya ini rencana optional setelah usahanya membunuh Superman dengan senjata kripton gagal karena Batu Kripton tersebut dicuri Batman dan Setelah usaha Lex Luthor untuk mengadu domba keduanya.

Bermula ketika Lex Luthor mengetahui dan mempelajari SEMUA rahasia rahasia penting tentang bangsa kriptonian di kapal kriptonian.
Lex luthor mendapat gagasan gila untuk menciptakan Monster Doomsday dengan perkiraan bahwa dia dapat mengontrolnya.

Dengan mengendalikan Doomsday Lex Luthor bermaksud menghancurkan Superman dan kemungkinan semua Metahuman lainnya. Entah niatnya baik atau buruk terhadap bangsa manusia.

 

10. Kenapa Lois Lane membuang tombak kripton, lalu tanpa alasan yang jelas mengambilnya lagi di dalam kolam.

Lois adalah manusia yang bisa mengalami kebingungan, dalam langkahnya ia takut tombak itu dapat membunuh kekasihnya karena itulah ia membuang tombak tersebut. akan tetapi ketika ia menyadari bahwa gelombang magnet besar di tengah kota tersebut melahirkan makhluk kriptonian lain ia menjadi sadar bahwa tombak tersebut dapat berguna.

 

11. Apa yang terjadi dengan “aturan tidak membunuh” Batman ?

Batman versi ini memang sangat brutal dan tanpa ampun, dan yang paling jelas terlihat sangat mudah dikendalikan amarah. mungkin beberapa musuh mati karena sepak terjangnya.

pertanyaannya mengapa batman bisa se ganas itu ?

di awal perkenalan bruce pernah ada percakapan yang menyinggung badut bukan ? ya maksud bruce adalah Joker. Joker adalah musuh batman pada film solo nya nanti yang bersetting sebelum kemunculan sosok superman.
Ini perkiraan saya saja , Bahwa joker lah yang membuat batman menjadi sebrutal itu.
kenang kenangan joker berupa baju tempur Robin bertuliskan JOKE ON YOU BATMAN ! bisa jadi menjadi petunjuk bahwa pada masa itu joker membunuh robin.

pada versi animasi, Joker membunuh robin karena batman tidak membunuh Joker ketika nasib Joker berada di tangan Batman. lalu joker menyerang sisi psikologis batman.

 

 

12. Kenapa Lex Luthor memanggil darkseid ? apakah ia berencana menghancurkan dunia ?

Saya yakin lex tidak bermaksud memanggil darkseid, akan tetapi darkseid yang datang dengan sendirinya karena terpicu akan sesuatu hal. Contohnya zendral zod yang datang ke bumi karena mengetahui ada kapal yang aktif karena ketidak sengajaan superman pada film Man of Steel.

 

13. Kenapa Bruce Wayne terlalu banyak bermimpi ?

Mimpi Bruce yang asli hanya mimpi ketika ia mengunjungi makam orang tuanya.

ketika Bruce berada dipadang gurun berhadapan dengan tentara berlogo superman merupakan gambaran dari masa depan. masa dimana superman kehilangan lois lane dan menjadi sosok yang tidak kenal ampun terhadap kriminil.

atau malah Superman menjadi jahat dan beraliansi dengan darkseid. masih terlalu dini dan sulit untuk di tafsirkan.

Kehadiran darkseid dapat dipastikan karena lambang Omega nya yang terlihat jelas pada gambar ini.

darkseid-batman-v-superman

Kemunculan The Flash dalam cahaya juga bukan mimpi karena setelah The Flash menghilang kertas kertas di atas meja bergerak seperti memang ada yang mengunjungi dalam kecepatan cahaya.
menurut saya ini salah satu hal keren juga. karena cerita ini membuka pintu kepada cerita Flashpoin Paradox, dimana dunia tersebut tidak persis nyata seperti di bumi.

Penglihatan penglihatan tersebut dan pesan dari the flash (entah batman salah paham karena pesan the flash yang tidak tepat waktu atau bagaimana) sangat mempengaruhi bruce untuk membunuh superman.

 

14. Untuk apa Prince Diana ke Metropolis ?

Cukup aneh Prince Diana ke Metropolis hanya untuk mengecek terbongkar atau tidaknya identitas dirinya yang seharusnya meskipun foto tersebut (foto dirinya saat perang dunia pertama) tersebar-pun tidak akan ada yang percaya bahwa itu adalah dirinya. logikanya seperti itu.

Akan tetapi kita lupa mencerna apakah yang dilakukan Prince Diana itu penting bagi dirinya sendiri atau tidak.

Bisa jadi memang tidak penting. kalau tidak penting bagi dirinya sendiri artinya alasan kehadirannya disitu tidak perlu harus ada maksud pentingnya.
Karena yang saya tahu prince diana orang kaya yang suka jalan jalan, mengelilingi museum, traveling keliling dunia. Bertindak semau dia.

Saya jadi teringat tentang kemunculan The Flash di sela sela Bruce yang sedang ketiduran. Besar kemungkinan bahwa The Flash juga mengirimkan suatu pesan ke prince diana. Makanya pada saat saat tersebut prince diana berada di sekitar Metropolis. dan entah apa yang dilakukannya (seperti mengembalikan hard drive milik bruce) memiliki alasan yang belum bisa kita nilai.

 

15. Kenapa server Lex Luthor gampang sekali diretas.

Inti ceritanya yang penting. intinya bruce berhasil mendapatkan data dari luthor. masalah eksekusinya memang sebaiknya lebih sulit daripada yang terlihat di film. server di dekat dapur tanpa pengamanan memang kurang masuk akal.

 

16. Mengapa pimpinan redaksi dari Daily Planet tidak suka memuat berita tentang Batman ?

Sepak terjang Batman di kota Gotham sudah terjadi sekitar 20 tahun. mungkin pada awalnya iblis kota Gotham itu selalu disorot. tapi setelah 20 tahun berita tersebut menjadi sudah biasa.

Daily Planet bukannya tidak suka membuat berita tentang Batman, akan tetapi mungkin berita tentang Batman sudah di serahkan kepada wartawan lainnya dan Clark Kent ditugaskan untuk meliput tentang olahraga.

Selain itu dalam 20 tahun riwayat Batman mungkin sesekali kasusnya berhubungan dengan kehidupan white, pimpinan Daily Planet.

Sebagai catatan, Daily Planet adalah salah satu perusahaan milik Bruce Wayne juga.

 

17. Untuk apa Superman menghentikan Batman ketika Batman ingin merebut batu kripton dengan Batmobile ?

Hal ini juga terasa aneh bagi saya . tapi yang paling pas untuk menjawabnya adalah seperti ini.
Superman pada saat sebelum adegan itu begitu terarah pada gerak gerik Batman sebagai super hero yang sangat brutal, ia termotivasi untuk menghentikan Batman. Puncaknya adalah ketika Keganasan Batman dengan Batmobil. saat saat yang tidak tepat memang.

Superman datang menghentikan kebrutalan Batman dan sayangnya Superman belum mengetahui tentang kehadiran batu Kripton dan bahayanya batu tersebut bagi diri sendiri.

 

18. Kenapa Lex luthor mempersenjatai pasukan tempurnya dengan peluru eksperimen ?

padahal Peluru eksperimen tersebut dapat mengidentifikasikan bahwa orang di balik itu semua adalah lex Luthor. Ternyata salah satu kehebatan peluru tersebut adalah ia lenyap ketika terbakar. Itulah sebabnya pasukan lex luthor membakar semua mayat mayat yang mereka tembak. di Batman V Superman versi bioskop memang adegan ini dipotong sehingga menimbulkan kebingungan.

 

 

19. Setelah pertarungan Batman dan Superman berakhir, situasi kondisinya berubah menjadi Batman mencari ibu Superman karena mampu dari sisi kecanggihannya, dan Superman menuju Kota untuk mengecek apa yang terjadi di Kapal Jendral Zod.
Batman butuh waktu untuk mencari dan menuju tempat penyekapan sedangkan superman seharusnya cuma beberapa detik ke tempat Lex Luthor.

Lucunya, Sesampainya superman. Batman menelpon ke telpon khusus milik Lex Luthor yang seharusnya nomer dan timingnya cuma diketahui anak buah Luthor.. Wat de faaak ..

 

 

20. Anda yang tambahkan

 

Kekurangan terbesar film ini adalah kurangnya kelogisan dalam proses ceritanya dan dialognya yang sangat lemah.

Padahal Film ini punya potensi besar. bisa jauh lebih bagus lagi dengan cerita yang sama. meskipun begitu saya tetap menyukainya. ini tidak terlalu buruk.

Share jika anda ingin orang lain mengerti Batman v Superman !

18 KOMENTAR

  1. plot hole paling gede menurutku bagian yang superman ga bisa merasakan ibunya itu. tp sudah agak mendingan pas baca ini. keren keren gan lanjutkan

  2. Hmm sebenarnya sih gan saya gak seteliti agan karena saya orangnya gak terlalu ambil pusing karena yang penting happy, ahi hi hi.

    Tapi okeh juga nih gan jadi pengen nonton sekali lagi biar tahu nih apakah agan ini benar atau hanya kebetulan saja, ahi hi hi.

  3. pas awal nonton gw terpengaruh banget sama kritikus,,,berasa boring gitu,,
    tapi pas kedua kali nonton,,,rasanya ga ada yg salah sama film ini,,,
    seru asli,, besar banget nih film,,kelasnya beda sama marvel movie yang ringan

  4. belum tau nihh asiknya nonton dimana? soalnya dari 12 keanehan yang agan tulis, hampir sama apa yang ada dibenak saya, ya walau nggak semua. ya gitulahhh, kurang menggugah emosi menurut saya.

  5. belum nonton sih, tapi dari bacaan di atas, sangat-sangat penasaran. apalagi pada saat komentar ini di buat, film marverl -> civil war sudah bisa di tonton di bioskop.. sedihnya, tidak bisa nonton kedua film besar ini,, hanya bisa berharap sama situs2 pembajak.,hahaha

  6. Bedanya dengan film marvel, cuma perlu sedikit mikir.kalau nomor telepon bisa jawab gan. Itu yg poin 19. Sederhananya. Ya batman pake hp milik anak buah lex. Kalaupun saking khususnya smpai G d smpan d phonebook. Kan tetep ad hystorinya. Tuh d tlpn no yg terakhir d hub. Komplekny. liat tuh alfred canggih bgt keberadaan ibu batman aj bisa tahu dalam beberapa menit..aplgi no tlpn aj. Bukanya batman sudah download abis data2 lex. Ya x aj no tlpn jg dapat.kalau timing Karena lex Oh ada tlpn kykny uda (pikiran lex)dbunuh. Sebenarnya timingny G pas pas bgt tpi sdikit lbh telat..timingny tuh uda lewat. Dan kbtulan saat superman uda nympe. Kok btulan saat superman uda nympe. Kalau superman blm nympe jg G ngruh apa2. Yg paling aneh itu wonder woman. Yg meranin kurang semog hehehe. Knp G megan fox aj y…

  7. Menurut gw sangat kurang masuk akal cerita di bvs, sebenernya gw suka karakter2 dc, terutama batman trilogi nya om nolan. Tapi di bvs gw rasa terlalu tidak nyambung, mungkin bener kata agan ada film yg belum dibuat sehingga tak masuk akal dan tidak nyambung. Dan dari alur cerita kurang kejutan terlalu datar ga jauh beda dg film marvel menurut saya. Hanya film marvel lebih menghibur jadi kekuatan film ini hanya di sisi action nya saja. Padahal potensi film ini besar sekali, sayang tidak dieksekusi dg maksimal, cerita yg tidak nyambung serta alur yg membosankan ditambah dialog berat yg justru jadi bumerang. 1 poin buat marvel dari kurangnya film ini.

  8. 18. Peluru khusus itu ketika dibakar dgn suhu tertentu akan melebur sempurna tanpa meninggalkan jejak. Pas sekali untuk mendiskreditkan superman. Sayang ada peluru nyasar yg terbawa buku catatan lois. Dan ini kebetulan reporter handal dgn banyak koneksi shg bisa melacak asal peluru tsb sampai ke lex.

    19. Superman tidak mau mengambil resiko thd keselamatan ibunya. Ketika tugas batman dipastikan selesai baru dia nyamperin lex.

  9. jujur gan sebenernya kesalahan paling fatal di film ini cuma satu, yaitu ngebunuh jimmy olsen di awal film, yang notabene adalah salah satu tokoh penting di sejarah superman.

    yah ane ngerti sih keseluruhan film gan, tapi ane tetep ngakak sama martha itu gan, masalahnya traumatiknya batman sama penyebutan nama martha itu kurang pas dari segi cerita, seolah kayak bikin biar battlenya selesai antiklimaks. Kalo menurut ane cukup dengan “if you do this, you killed my mother” aja udah cukup bikin batman bertanya” dan akhirnya sadar! dan untuk batman yang ganas ane rasa ane setuju dengan agan, itu sudah dijelasin di movie kalo bruce wayne sudah jadi batman selama 20 tahun, dan kalo ga salah sempet juga denger rumor kalo batman dalam bvs sebenernya alternative version dari tdk trilogy, diman di ending bruce tidak memalsukan kematiannya melainkan melanjutkan tugasnya sebagai batman(“makanya bane tetap mati di film suicide squad, karena udah mati di tdk rises”). kalo menurut ane, plot yang cocok untuk suicide squad adalah sebelum even bvs karena joker sudah di arkham pas tdk trilogy, lalu buatlah joker keluar atau mungkin kabur dari arkham lalu ngebunuh robin, baru batman dibikin brutal tapi dia juga harus ngebunuh joker, bukannya ngirim joker ke arkham lagi, supaya ga ada pertanyaan “kenapa joker masih hidup?”

    • wah, sama ne. abis liat suicide squad, langsung cari bahan flashback nya batman. ane juga rada sebel ama joker yang udah banyak ngebunuh tapi masih bisa idup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here