Beranda Film Penjelasan Ending Film Interstellar

Penjelasan Ending Film Interstellar

46

Interstellar mengisahkan tentang upaya umat manusia untuk menemukan rumah baru di luar sistem tata surya kita.

Diceritakan bahwa bumi sudah tidak layak huni lagi karena kerusakan Ekologi. Singkat nya seperti itu . terdengar sederhana namun sebenarnya film ini sangat kompleks. Bahkan kalau saya bilang setiap dialog-nya menjelaskan sesuatu yang tidak boleh kita lewatkan. Pokoknya Film ini sangat saya rekomendasikan.

Film interstellar memang sudah lama tayang. namun saya tetap ingin mengulasnya, memecahkan semua misteri misterinya.

Apalagi ternyata cukup banyak juga yang kurang paham dengan karya sutradara Christopher Nolan , Interstellar ini ketika saya lihat di twitter, facebook dan di media sosial lainnya. Padahal ketika saya menontonnya saya merasa sangat takjub. Saya sangat menyayangkan rasa takjub yang saya rasakan tidak bisa dirasakan penonton yang lain.

Nah melalui tulisan ini akan saya bantu jelaskan apa saja yang mungkin membuat kita gagal paham pada film Interstellar.

SPOILER ALERT !!
saya tidak menuliskan cerita dari awal hingga akhir melainkan poin pentingnya saja. Sebaiknya dibaca jika sudah nonton film nya. !!

 

Penjelasan Penjelasan dalam film Interstellar

penjelasan ending film interstellar

Bagaimana dunia berakhir didalam film ini ?

Tidak se mainstream film lain dimana bumi biasanya kena bencana luar biasa, bumi di Interstellar Cuma terserang hama hawar saja. Hama ini membuat tumbuh-tumbuhan mati. Satu satunya tumbuhan yang dapat hidup hanya jagung dan ternyata berdasar temuan laboratorium prof Brand dikatakan bahwa jagung pun tidak akan bertahan lebih lama lagi. lalu bagaimana dengan hewan ? tidak ada tumbuhan berarti kepunahan juga bagi hewan hewan. Tidak adanya tumbuhan lain juga mengakibatkan bumi menjadi gersang dan berpasir. Manusia dibuat mati perlahan.

Rencana A dan B NASA untuk menyelamatkan umat manusia.

Nasa memiliki dua rencana untuk menyelamatkan spesies manusia agar tidak punah.

Diceritakan sebelumnya Nasa sudah pernah mengirim 12 astronot untuk menjelajahi galaxy lain melewati wormhole yang tiba-tiba muncul berpuluh tahun yang lalu di dekat Saturnus.

Dalam perjalanan mereka ke galaxy lain tersebut ke-12 Astronot ini dapat berkomunikasi ke bumi namun hanya dengan ping kecil saja. Anggap lah seperti tombol like yang ditekan ketika planet yang di datangi mereka layak huni. Dari kegiatan menjelajah itu didapatlah 3 like dari galaxy luar tersebut yang artinya “ADA HARAPAN UNTUK MANUSIA PINDAH KESANA” . Namun memindahkan seluruh umat manusia tidak segampang itu. Profesor Brand harus memecahkan rumus Quantum Gravitasi dulu untuk dapat membuat ruang koloni angkasa yang mampu menampung seluruh manusia.

Sementara rumus itu belum rampung dimulailah perjalanan Cooper karena memang sudah tidak banyak waktu lagi. Kembali kepada plan A dan B , dua plan tersebut adalah :

  • Plan A : Prof. Brand akan merampungkan rumus fisika yang memungkinkan manusia memanipulasi gravitasi sehingga dapat membuat Terminal raksasa yang mampu menampung manusia. Jadi misi Cooper dan kawan kawan hanyalah mengecek 3 planet like tadi , dan melaporkan balik kepada bumi yang mana diperkiraannya sudah siap dengan Stasiun ruang angkasa raksasa itu.
  • Plan B : Jika hanya Plan A gagal maka Cooper dan kawan kawan sudah diserahi ribuan embrio manusia yang mana akan menjadi cikal bakal manusia baru di planet yang baru.

Tentu saja harapan mereka bersama adalah keberhasilan Plan A . Namun ternyata Profesor Brand sebenarnya sudah tahu bahwa Plan A akan gagal. bahwa rumus Gravitasi quantum yang ia kerjakan tidak akan pernah berhasil kecuali ia memasuki blackhole dimana rahasia rumus itu tersimpan yang terdengar sangat mustahil untuk dilakukan. Brand merahasiakan hal tersebut agar mereka mau melakukan perjalanan luar angkasa dan melaksanakan Plan B.

Sampai kepada perjalanan ruang angkasa terdapat beberapa misteri yang akan terungkap seiring berjalannya cerita . misalnya hantu di kamar murph , prilaku gravitasi di sekitar tempat tinggal cooper, “they (mereka)” yang menciptakan wormhole dan dianggap alien yang ingin menyelamatkan umat manusia.
Perjalanan Luar angkasa pun di mulai . Melalui wormhole (lubang cacing yang menjadi jalan pintas antar galaxy) mereka akan menyinggahi planet Miller , Mann , dan Edmund.

Penjelasan Tsunami dan perbedaan waktu di PLANET MILLER

Pada planet pertama yang Cooper singahi, ‘Planet Miller’ waktu ternyata berjalan dengan sangat lambat dikarenakan relativitas waktu. Di tempat dengan kecepatan sangat tinggi waktu mamang akan berjalan lebih lambat. Satu detik sebenarnya di Ibaratkan satu pantulan cahaya antar dua buah kaca. Nah jika dua buah kaca itu berjalan dengan sangat cepat maka cahaya pun tidak lagi memantul dengan arah naik turun , namun zigzag mengikuti berjalannya kaca. Maka  perpantulan cahayanya akan lebih lama dibandingkan jika diam di tempat.

Dekatnya plannet Miller dengan Blackhole mengakibatkan planet tersebut berputar dengan sangat cepat, mengakibatkan planet Miller mengalami dilatasi waktu. 1 jam disana sama dengan 7 tahun di bumi.

Lalu kenapa ada Tsunami besar ? kalian pasti sudah paham bahwa pasang surut air laut dibumi dipengaruhi oleh gravitasi bulan. Sama halnya dengan planet Miller, Tsunami besar itu adalah air yang terangkat karena gravitasi blackhole gargantua yang sangat besar. Air yang terangkat itu sebenarnya tidak bergerak , namun planetnya lah yang memutar cepat sehingga terlihat seperti tsunami.

Cooper dan kawan kawan terkena tsunami itu dan mengakibatkan sangat banyak waktu yang terbuang. Bencana tsunami tersebut juga menghilangkan satu anggota mereka.
Ironisnya di dalam waktu planet miller ternyata astronot terdahulu hanya meninggal beberapa saat sebelum kedatangan kelompok Cooper saja. Ya . karena dilatasi waktu tadi.

Kemudian pada perjalanan berikutnya mereka dihadapkan kepada dua pilihan karena bahan bakar Endurance tidak akan cukup untuk singgah ke kedua planet yang tersisa. Berdasarkan hasil voting perjalanan berlanjut ke PLANET MANN. mereka juga menilai Dr Mann adalah astronot paling jenius sehingga memutuskan untuk memilih planet Mann daripada Edmund.

Pada planet Mann dilatasi waktu tidak terjadi sehebat planet Miller karena cukup jauh jaraknya dari blackhole. Di dalam cerita Dr Mann ternyata terkena sindrom kegilaan luar angkasa, ia berbohong bahwa planet yang ia singgahi layak huni agar astronot selanjutnya menyinggahi planet tersebut.
Kejadian di planet mann mengakibatkan kerusakan pada Endurance dan sudah tidak ada lagi harapan untuk kembali ke bumi atau ke planet selanjutnya, beruntung Cooper cukup jenius untuk memanfaatkan gaya gravitasi blackhole agar dapat melanjutkan perjalanan ke planet Edmun. Namun ada yang harus di korbankan untuk menjalankan rencananya tersebut. Yaitu dia harus tinggal dan membiarkan pesawat Amelia terbang melaju ke Planet Edmund.

Untuk Lebih jelasnya lihat video ini :

Penjelasan TASSERACT dan BLACK HOLE GARGANTUA

Blackhole dalam film ini tidak seganas teori-teori lain tentang blackhole. Blackhole Gargantua adalah blackhole yang sangat padat, perputarannya sangat kuat sampai sampai cahaya pun terperangkap di sekelilingnya beski begitu blackhole ini tetap dijadikan orbit planet planet di sekelilingnya yang cukup jauh. Itu juga sebabnya black hole ini terlihat seperti matahari yang terang.
Di dalam cerita Cooper mengharuskan mengorbankan dirinya bersama robot TARS memasuki Blackhole demi mendorong Amelia agar sampai ke planet Edmund.

Dan disini lah sumber kebingungan yang paling banyak melanda para penonton. Setelah Cooper terhisap kedalam black hole, Cooper tiba tiba masuk kedunia lain yang disebut tasseract. Dunia 5 dimensi.
Yang kita tahu, (semoga saya tidak salah) 1 dimensi adalah sebuah garis, 2 dimensi adalah gambar, 3 dimensi adalah sebuah bentukan misalnya kotak atau bola (kita hidup di dunia 3 dimensi), dan 4 dimensi adalah sebuah lintas gambar misalnya saat kita berjalan ke sebuah taman maka apa yang kita lihat dan rasakan disekitar perjalanan tersebut bisa disebut 4 dimensi.
Lalu bagaimana dengan 5 dimensi ? 5 dimensi adalah bentuk lain dari 4 dimensi namun lebih hebat lagi karena dunia tersebut seperti sudah diarsipkan , dan kita yang berada di dunia 5 dimensi dapat merayapi waktu arsip mana yang kita inginkan. Cooper berinteraksi dari dunia 5 dimensi ke dunia nyata lewat gravitasi.

Jadi Bagaimana dong kok Cooper bisa masuk ke dunia 5 dimensi ?  terhubung dengan kamar Murph kecil lagi ? Aneh banget.

Inilah Jeniusnya Nolan. baik dia maupun orang lain tidak akan mampu membuktikan hal yang akan terjadi jika kita memasuki blackhole. Jadi ini terserah Nolan. Kalau Flash saja dengan kecepatan tertentu dapat melintasi waktu, kenapa manusia biasa yang terhisap gravitasi dengan kecepatan cahaya tidak ? mungkin untuk sementara jawabannya begitu.
Tapi mengenai ruang 5 dimensi yang berupa Kamar Murph masih bisa dijelaskan dalam lingkup film ini sendiri kok. akan saya coba jelaskan pada akhir tulisan.

#Dengan masuknya Cooper ke Tasseract kita mengetahui bahwa sebenarnya hantu di kamar Murph adalah Cooper sendiri, dan bahwa gejala gejala gravitasi yang terjadi adalah karena pengaruh tasseract juga.

#Berkat Cooper memasuki blackhole rahasia terbesar blackhole pun terungkap sehingga manusia mengetahui rumusan fisika gravitasi quantum. Rumusan ini dikatakan ada di dalam Blackhole karena Blackhole memiliki sifat gravitasi yang aneh dan tidak dapat dijelaskan. Kemudian rumusan itu dikirim Cooper ke jam tangan Murph. dan Murph tua berhasil membuat Plan A terealisasi dikarenakan rumus tersebut.

Dari kedua hal diatas terjawab sudah bahwa ‘They’ yang menciptakan worm hole kemungkinan besar adalah manusia masa depan. ya karena manusia masa depan sudah menguasai rumusan gravitasi. dimana gravitasi disini sangat erat hubungannya dengan lintas ruang dan waktu.

Sedangkan Tasseract yang berbentuk kamar Murph lain lagi ceritanya.

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa ‘They’ yang menciptakan dimensi lima di dalam blackhole adalah manusia masa depan juga. menurut saya itu tidak sepenuhnya benar. Sebab manusia masa depan mana yang menciptakan dimensi kelima berupa kamar murph ? kenal murph kecil saja tidak. bahkan cooper masa depan sendiri sudah cukup tua untuk mempelajari cara menciptakannya. Ada kemungkinan lain yang lebih cocok, yaitu :

Cooper sendiri lah yang menciptakan dimensi itu secara tidak sengaja. Ketika Cooper memasuki blackhole dan berpikiran ia akan mati, maka ia melihat anaknya karena kecintaannya pada murph yang sangat mendalam.

Secara tidak sengaja perpaduan cintanya dengan Blackhole yang misterius menciptakan dunia 5 dimensi berupa kamar anak nya. sesuai dengan ingatan terkhir dengan Murph.

Ada beberapa hal yang mendukung teori ini meskipun sangat jarang orang memperhatikan. coba lihat screenshoot ini.

ending interstellar dr brand tentang teori cinta dapat menembus waktu

Dalam dialog nya Amelia brand mengatakan “Cinta adalah satu hal yang bisa kita rasakan yang bisa melampaui ruang dan waktu. mungkin kita harus mempercayainya walaupun kita belum memahaminya.”
penjelasan ending interstellar mann sesaat sebelum mati kita akan melihat cinta kita

Lalu perkataan Mann yang intinya ketika kita akan mati maka yang akan kita pikirkan adalah orang orang yang kita cintai.

Yang saya tau Film film Nolan selalu padat dan berisi. maka dari itu perkataan Amelia dan Mann seperti diatas pasti ada maksud tertentu, yaitu menjelaskan terciptanya kamar Murph di dalam Tasseract.

Satu lagi. Ingat ketika tasseract ditutup lalu Cooper menemui Amelia Brand di dalam wormhole dan berjabat tangan dengannya sebagai orang dimensi kelima ? saya pikir itu juga karena Cooper mencintai Amelia Brand. Jadi Amelia Brand benar ‘Selain Gravitasi, yang mampu melintasi waktu adalah Cinta’.

Nah sobat pembaca, ada lagi tidak yang perlu di jelaskan dari film ini? atau jika ada pemahaman saya yang perlu di perbaiki silahkan di komentari.

46 KOMENTAR

  1. untuk film yang seperti ini, keseriusan dalam menonton adalah hal yang wajib, karna jika terlewat sedikit saja akan aneh ceritanya, btw nice artikel gan

  2. ane udah nonton gan , memang alur filmnya sedikit berat , tapi ane sua , bagus ni artikelnya gan , ane jadi lebih paham ane mengapa cooper bisa masuk ke dimensi lain , makasih gan 🙂

  3. ane belum nonton filmnya gan, tapi setelah ane liat penjelasan disini ane jadi pengen nonton film ini gan, alur ceritanya asik dan bikin penontonnya berpikir

    • demi keberlangsungan umat manusia sob daripada punah. kalau dalam cerita nabi amelia jadi hawa nya tp di planet edmund.

      • Bagaimana penjelasannya bahwa “they” yg menciptakan worm hole itu kemungkinan manusia masa depan? Sementara manusia masa depan sendiri baru mengetahui teori lengkap gravitasi-kuantum dr data yg dikirim oleh cooper ke anaknya setelah cooper melewati worm hole tsb dan masuk ke lubang hitam… Saya masih bingung memahami ini

  4. walahh masuk akal gan.. emang berat deh rasanya kalo nonton film sains yang didalemnya banyak teori2 yang diambil dari teori nyata hehe

  5. Saya sependapat dg artikel ini yg menuliskan bahwa "they" yg menciptakan dimensi kelima itu adalah Cooper sendiri, bukan orang dari masa depan. Selain 2 pict diatas, Pd saat Cooper berada di dimensi ke 5 ia mengatakan "Akan kucari tahu cara menyampaikannya ke Murph,SEPERTI SAAT AKU MENEMUKAN MOMEN INI(dimensi ke 5 tsb)". momen yg dimaksud adalah saat ketika ia berpikir akan mati dan kemudian berpikir ttg kecintaan terhadap Murph dan masuk ke dimensi ke 5 di kamar Murph kecil.
    CMIIW

  6. sya juga dah nonton, malah masih ada file filmnya . saya juga bingung yang akhirya cooper nya ada di rumah sakit dan anak nya sudah jadi tua , malahan sudar bercucu

  7. sampe tasseract ditutup masih paham, tapi setelah itu ketemu di rumah sakit tapi itu katanya stasiun cooper, trus buminya melengkung masih belum paham..

    • ini menurut paham saya saja, jadi ketika perpaduan blackhole dan perasaan cintanya kepada murph bisa menciptakan di mensi ke lima berupa kamar murph kecil. begitu pula perasaan cintanya cooper pada brand mampu menggiringnya melintasi ruang dimana ia pernah dekat dengan brand (ingat saat brand mengaku bersalaman dengan orang dimensi ke lima ?) , kesanalah cooper terlempar.

      stasiun cooper itu bukan bumi, pada saat dimana cooper terlempar dekat saturnus itu cooper sudah melewati delatasi waktu, efek dr kecepatan blackhole, hasilnya waktu menjadi lambat pada dirinya sementara waktu pada bumi berlalu sudah berpuluh puluh tahun lamanya.

      murph seumur hidupnya melanjutkan penelitian profesor dan pada usianya yang sudah sangat tua ia berhasil membangun stasiun luar angkasa yang di beri nama stasiun cooper. stasiun itu melengkung dan grafitasinya membuang ke sisi luar seperti halnya pengering mesin cuci yang berputar, gravitasinya akan membuat baju anda ke sisi samping mesin cuci.

  8. teori blackholenya sih keren, ambil kenyataan realita menurut teori enstein dan steven hawking, cuman dimensi ke 5 nya gak terlalu nangkep haha

    • di ending bumi sudah tidak layak huni, penuh debu. jadi manusia tinggal di stasiun luar angkasa. manusia sudah mampu membuat stasiun luar angkasa karena rumus gravitasi nya sudah ditemukan murph. nah mereka mungkin menuju planet edmunt

  9. gan ane mau nanya
    planet edmunn yang jadi tujuan terakhir brand. kok brand bisa bernafas ya?.
    padahal pas brand nunjukin ke cooper di awal film pas mereka mau tidur cyro warna planet edmun kan merah banget tu yang kaya mars. lagian kelihatan dari foto planetnya warna merah dan gag ada warna biru yang menandakan adanya air.

    • karena memang dari sekian planet yang didatangi para astronot ternyata hanya planet edmund yang dapat dihuni (brand sudah meyakinkan cooper bahwa planet yang seharusnya mereka tuju adalah edmund, namun karena tertipu sinyal ping dr.mann yang sangat menjanjikan mereka jd lebih memilih ke planet mann).
      planet edmund memang di dominasi tanah berwarna merah namun juga terdapat oksigen dan air disana.

  10. Kalau “they” yg menciptakan worm hole adalah manusia masa depan yg teorinya dikembangkan dari data yg dikirim cooper ke anaknya, lalu kenapa di masa cooper sendiri (sebelum masuk lubang hitam) worm hole-nya sdh ada dan dilewati oleh cooper dkk menuju planet Dr. Mann dll? Saya msh bingung disini

    • manusia masa depan pada saat itu sudah mampu untuk memasuki dimensi ke lima, “sudah dapat melintasi ruang dan waktu”. nah penempatan wormhole dan timing nya memang tidak akurat 100%, makanya wormhole tersebut berada di lintasan saturnus (masih jauh sekali dari bumi).
      sedangkan penempatan waktunya sudah seharusnya sebelum bumi sekarat menurut perkiraan manusia masa depan.

  11. Sorry, Kalo menurut saya, bukan cinta nya cooper ke amelia brand yg dimaksudkan bisa menembus ruang & waktu. (Lagian cooper jg tdk digambarkan mencintai amelia brand).
    Tapi cinta nya amelia brand ke edmund lah yang bisa menembus ruang & waktu, sekalipun edmund sebenarnya sdh meninggal, tapi perasaan mereka tetap terkoneksi, yg akhirnya mengirimkan sinyal ke hati amelia brand kl planet edmund lah yg sebenarnya bisa ditinggali.
    Inilah inti dari cerita film ini.

    Di akhir film ini ada beberapa kata-kata :
    – Kita mencintai org yg sdh mati
    – Artifak dari dimensi yg lbh tinggi, yg blm dpt kita terima secara nalar
    – Cinta adalah satu hal yg bisa kita rasakan, yg bisa melampaui ruang & waktu

    • memang benar amelia mencintai edmund..
      tapi yang tidak kalah pentingnya dalam cerita ini adalah tentang bagaimana cooper bisa memasuki dimensi ke 5. saya menjelaskan bahwa cintanya ke murph dapat menghubungkan dirinya di dalam dimensi ke lima dengan murph kecil sesuai bayangan terakhirnya.

      dan bagaimana cooper bisa terlempar ke lubang cacing dekat saturnus adalah karena dia juga mencintai amelia brand dan mengingat moment saat pertamakali memasuki lubang cacing.

      cooper ingin menyusul amelia pada scene terakhir merupakan sedikit bukti bahwa cooper mencintai amelia. ini bukan film percintaan, sedikit bukti sudah cukup. :3

  12. Penjelasan ini terbantahkan dengan sebuah kata, “they”.
    Ini jelas ada yg menciptakan teserract. Ingat omongan tars “mereka menutup teserract nya”
    Saya berasumsi bahwa yg menciptakan teserract ini adalah amelia dan koloni barunya di planet edmund. Bumi tidak terselamatkan, satu2nya cara untuk menyelamatkan manusia di bumi adalah mengirim datanya . Amelia tau kalo murph adalah anak pintar. Jadi melalui perantara cooper itulah manusia di bumi bs terselamatkan.

    • amelia di planet edmund bahkan belum mengetahui rumus gravitasi. sedangkan diyakini bahwa ilmu menembus ruang dan waktu di dapat dari rumus gravitasi. bagaimana bisa amelia menciptakan teserract ?

      menurut artikel ini teserract itu entah manusia masa depan yg menciptakan ruang masuk dimensi atau tercipta sendiri, tetap saja ingatan cooper tentang anaknya yang membuat ruangannya menjadi sebuah kamar murph..

      jadi ada kemungkinan they adalah manusia masa depan yg hanya bisa membuka dan menutup dimensi, sedangkan isi dimensinya ditentukan oleh orang yg memasukinya

  13. Tulisannya kerenn… yang Anda pikirkan sama dg apa yg saya pikirkan tp saya tdk dpt menuliskannya sebaik tulisan anda, dan saat saya coba jelaskn film ini k orang lain tp malah tetap pd bingung meskipun saya jelaskn berkali2
    … salut ada orang sehebat Anda…

  14. Itu stasiun luar angkasa/pesawat luar angkasa raksasa yg di buat mengangkut sebuah koloni besar manusia untuk menempuh jarak yg jauh ke planet edmund.. Di dalam pesawat dilengkapi matahari buatan demi menunjang kehidupan koloni manusia didalamnya. (Fakta: para ilmuwan china kini telah berhasil membuat matahari buatan dari tenaga nuklir walaupun masih baru bisa bertahan beberapa menit saja. Fakta ke.2 : pernah nonton di discovery channel ternyata pesawat ini benar benar di persiapkan oleh NASA dalam proyek besarnya yg bisa memakan waktu puluhan tahun sampai benar benar terealisasikan.. Saat ini NASA sedang melakukan penelitian untuk menentukan bahan yg cocok untuk dijadikan body pesawat ini yg juga sekaligus sebagai sumber tenaganya yg dapat merubah tenaga matahari dan cahaya cosmic menjadi sumber bahan bakar pesawat ini) ini sesuai dengan plan A yg menyelamatkan banyak manusia di muka bumi, kenapa harus berkoloni..? Karena jarak yg ditempuh jauh dan menempuh kemungkinan bertemu banyak dilatasi waktu, pada akhirnya nanti yg sampai ke planet pengganti bumi adalah beberapa generasi manusia setelah manusia manusia yg berangkat diawal alias cicit cicitnya. Kembali ke film : Di akhir film menunjukan planet edmund ternyata benar benar bisa di tinggali manusia, ditunjukkan dengan amelia brand yg terdampar disana di dekat makam dr. Edmund. Dan mendirikan tenda disana menggunakan pakaian astronot tapi helmnya tidak dipakai, ini menjelaskan di planet edmund kandungan udaranya sama seperti di bumi. Bisa di prediksi maksud di akhir film ini ,stasiun luar angkasa/pesawat luar angkasa yg besar dan mengangkut koloni manusia dalam jumlah besar ini alias stasiun luar angkasa/pesawat luar angkasa scoop buatan dr. Murph scoop ini menuju ke planet edmund yg sudah ditemukan amelia brand. Akhir cerita plan A yg direncanakan dan diinginkan prof. Brand ayahnya amelia brand akhirnya terealisasikan oleh dr.murph scoop anak dari scoop yg berhasil menembus dimensi ke 5. Cuma yg tetap menjadi misteri bagaimana caranya scoop ditemukan setelah menembus dimensi ke 5. Jika akhirnya di kembali terlontar ke luar dari blackhole di dekat saturnus.. Bagaimana dia tetap bertahan hidup. Mengingat dia hanya menggunakan pakaian astronot tanpa pesawat dan dengan pasokan oksigen yg sangat terbatas terapung apung di ruang angkasa. Sedangkan pembuatan stasiun luar angkasa membutuhkan waktu.. Jika di jemput menggunakan pesawat dengan jenis yg sama juga membutuhkan waktu yg tidak sebentar..? Di bagian ini yg agak aneh dan menjadi pertanyaan untuk saya.. Adakah alasan/jawaban yg ilmiah untuk menjawab atau menjelaskan bagaimana proses menemukan, menjemput, dan membawa kembali scoop yg terlontar keluar kembali dari black hole tanpa pesawat dalam keadaan hidup??

    • menurut saya dan beberapa artikel yg membahas ini. setelah terrasact tertutup, cooper terlontar keliar blackhole .ada scene dimana dia seperti pingsan (mungkin itu seperti sleep (yg hibernasi disebuah kotak) (mungkin(mengingat ini film sci-fi siapapun boleh membuat alur ceritanya sendiri).

      lalu cooper tidur panjang dan dia ditemukan oleh stasiun yg berhasil dibuat murph sesuai plan A. karena cooper kan mengambang2 di angkasa dekat (sejalan) dengan planet edmund . itulah kenapa mereka berhasil menemukan cooper dan terlihat bahwa cooper seperti telah tidur panjang/koma di rumah sakit stasiun baru tersebut.

  15. Terraseract diciptakan oleh “they/mereka”. Pernyataan They/mereka itu adalah manusia dari masa depan. Pernyataan ini tetap masuk akal dan masih sesuai logika. Berarti sudah pernah ada manusia yg lebih dulu berhasil masuk atau menemukan dimensi ke 5. Kemudian membangunnya. Sebagai jembatan ruang dan waktu. Berarti manusia di masa depan jauh lebih dahulu lebih dahulu menemukan dimensi ke 5. Di dimensi ke 5 ruang dan waktu tidak ada batasannya. Sesuai dengan teori relativitas. Jadi seperti scoop berada disisi kiri dan manusia masa depan berada di kanan, dimensi ke 5 ada ditengah.. Jadi manusia masa depan lebih dahulu berhasil sampai di dimensi ke 5. Jadi manusia dari masa depan yg berhasil membangunnya. Di dimensi ke.5. Masa lalu dan masa depan menjadi relatif ( alias menjadi tidak ada batasannya) Film ini keren nyaris tidak ada yg tidak bisa dijelaskan secara ilmiah/sesuai logika. Kecuali bagaimana caranya si scoop tetap hidup dan berhasil ditemukan tanpa pesawat..

  16. ulasannya bagus gan ,mudah dimengerti secara ringan. saya bingung sama bagian tesseract nya , itu hanya bayangan atau emang cooper nyata masuk kedalamnya ya ? harusnya dunia 5 dimensi itu bentuknya nggak seperti itu,mungkin saja makhluk di dunia 5 dmensi itu hidup dengan cara lain,bernafas dgn cara lain,menjalani waktu dgn cara lain (mengingat katanya waktu hanyalah obyek yg bisa dipanjat ke masa lalu atau depan) aneh saja jika cooper bisa masuk ke situ dgn tubuh utuh tanpa terurai dimensi ruang dan waktu ,
    Itu aja sih menurut saya
    hal hal lain dlm film ini sudah cukup ilmiah dan masuk akal

  17. Sebagai orang yg sangat awam lah dalam ilmu astronomi atau relativitas waktu apalagi tentang dimensi lain.
    Mungkin bahasa sederhana nya , dimensi yang dimasuki Cooper itu seperti ‘dunia lain’ alias alam gaib kali ya ? Soalnya secara logika (maklum ane gak paham2 film ini) , masa iya buku yang ditaro di rak yang rapi bisa jatoh sendiri. Absurd nya jatohnya itu oleh ayahnya yg lagi terbang jauh ke luar angkasa.
    Ya ini sih sok tau saya aja.
    Mohon penjelasan nya dari agan2 dengan bahasa yang lebih ‘manusiawi’ dan kasih contoh secara logika . Thx !

    • nah jadi logika di film nya christopher nollan itu selalu unik gan. setiap judul filmnya ada suatu aturan , dengan cantik nolan bisa membuat film logis dari aturan itu sendiri ..

      di dalam interstellar ada yang namanya dimensi ke lima dimana kita bisa melintasi ruang dan waktu (dlm film ini hantu hantu yang menggerakkan benda ternyata adalah mahluk dr dimensi kelima ini gan)
      ada juga blackhole yang sampai saat ini belum ada siapapun yang pernah masuk betulan.

      jadi dalam film ini sang sutradara membuat cerita bahwa ketika kita memasuki blackhole ternyata kita tidak mati, melainkan berpindah ke ruang yang lain dan waktu yang lain, di dalam interstellar sendiri ini disebut keganjilan atau anomali jadi tidak mesti ada penjelasan pastinya..

      • Yang ane agak ga ngerti ini gan. Kalo dr penjelasan agan kan ‘sang sutradara membuat cerita bahwa ketika kita memasuki blackhole ternyata kita tidak mati, melainkan berpindah ke ruang yang lain dan waktu yang lain’.
        Nah kenapa kok si Cooper masuknya dibalik rak buku bukan dikamar smurph, padahal dibalik rak buku kan tembok dan di dalam tembok ga ada ruang?
        Tapi ya sudah lah wong ini cuman film fiksi 😀

  18. Jadi adakh yg tw jawaban dri rumus teori kuantum yang diberikan cooper di 5 dimensi kpd murph muda nya itu melalui jam tangannya?
    Dan mungkinkah ada film intersteller part 2?

  19. Mau nanya, cara case si robot itu bisa tau rumus quantumnya pas di blackhole caranya gimana?? Hanya dengan mengamati aja? Atau ada arsipnya di blackholenya? Atau dgn cara menghitung melalui alat?

    • saya beranggapan bahwa case robot multifungsi. salah satu fiturnya memungkinkan dia bisa mendeteksi bagaimana kandungan udara, bagaimana air di suatu planet. jadi robot case memiliki sensor yang bisa menghitung rumusan sesuatu dengan teknologi yang tidak dijelaskan pada film interatellar..

  20. Nah ini ak ada yg bingung nih, cooper masuk kedalam blackhole gargantua dan saat taserract nya menutup cooper terlempar keluar dari blackhole. Diending cerita dikatakan sama dokternya bahwa cooper ditemukan didekat saturnus (yg kita tau dr cerita itu jarak antara saturnus dan blackhole gargantua itu jauh, dan harus melewati wormhole) gimana caranya cooper bisa terlempar sejauh itu?

  21. Film yang sangat recomended, Nolan memang jenius. Setelah baca artikel ini, ternyata hampir semuanya sama seperti yang saya pikirkan, tapi ada satu hal yang saya kurang pahami.
    “Ketika Cooper masuk dan keluar taserract”. Ketika cooper masuk, dia yang tadinya mahluk 3 dimensi entah bagaimana komposisi tubuhnya(lebih ekstrim lagi morfologinya) berubah menjadi mahluk lima dimensi ya? (Itulah kenapa dia bisa menguasi waktu dan ruang kapanpun dan dimanapun), lalu setelah keluar di dekat planet Saturnus, bagaimana bisa tubuhnya kembali menjadi mahluk tiga dimensi? Apakah ada hukum fisika yang dapat menjelaskan itu? Dan sepertinya tidak ada satupun dialog pada film itu yang menjelaskannya?

  22. Yang masih aku bingung Murph dan manusia lainnya itu tinggal dimana? Bagaimana bisa manusia yg jumlahnya sgt banyak mungkin milyaran dibawa ke planet tersebut? Dan Cooper dikatakan ditemukan di dekat planet saturnus . Bagaimana bisa Cooper keluar dari Blackhole itu?

    • Cooper itu sebenarnya bukan kembali tetapi berjalan ke masa depan, kan dijelaskan pas waktu bertemu dr mann, bahwa gak ada jalan kembali ke bumi dan mereka pergi dgn dibohongi oleh prof. brand bahwa kenyataannya mereka gak bisa kembali ke bumi dan menerima kenyataan pahit itu, dan pertanyaan knapa cooper terlempar kembali di dekat saturnus itu memang misteri seperti yang mereka bilang tentang anomali dan keganjilan yg tidak bisa dijelaskan seperti knapa cooper tiba2 berada dikamar murph di dimensi ke 5, mungkin karena cinta melebihi ruang dan waktu seperti ungkapan di atas, karena tidak ada yg tau pasti di dalam blackhole itu apa, sang sutradara mungkin ingin ending yang luar biasa sehingga kita tidak terduga dan bertanya2 seperti film Inception juga karya sang sutradara!

  23. Klo di ibaratkan itu memang takdirnya cooper, karena hukum murphy laws yg sudah terjadi maka terjadilah dan gak bisa di ubah, contohnya saat cooper kembali ke kamar murphy, itu memang sdh takdirnya cooper yg gak bisa di ubah, klo seandainya cooper gagal dan tidak kembali ke kamar murph maka hantu yg ada dikamar murph gak bakalan ada begitu juga stasiun ruang angkasa gak bakal tercipta, seandainya cooper tau bahwa hantu itu adl dia dari masa depan si cooper akan tetap tingga di bumi dan gak bakal pergi ninggalin murph karena pesan sandi morse yg artinya STAY, jd gak bakal ada kejadian seperti di filmnya,!

  24. Dri smp hingga skrg(kuliah). Skitar 3 bulan yg lalu saya menonton film ini.dn tetap sya tonton hingga berkali² . ini film sngat luar biasa dn artikel sngat logis. Saya berharap kita bisa berteman.

  25. Saya awalnya mikir kalo maksud “They” itu Tuhan karena itu sesuatu ciptaan diluar batas kemampuan manusia. Tapi waktu diending ternyata bukan. Film ini berpikir manusia yang menciptakannya. Jadi lucu juga…:) Seperti Nuansa Film Contact…:) Namun saya Kagum Dengan keseluruhan filmnya. Cuma Sebatas kagum tapi tidak meyakini tentang makna “They” di film tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here