Beranda IT IP Address Pengertian Subnet Mask dan Prefix IP Address

Pengertian Subnet Mask dan Prefix IP Address

19

Sebelum memasuki ke pembahasan Subnet Mask kita akan membahas mengenai Prefix Jaringan lebih dulu. Nantinya anda akan sering sekali menemui bilangan biner, maka untuk mempermudah dalam menerjemahkan bilangan biner ke desimal MeretasDC membuat rumusan sederhana di paling bawah artikel pengertian subnet mask – prefix ini.

Apa itu prefix dalam network dan fungsinya ?

Pada artikel PENGERTIAN IP ADDRESS sudah pernah dibahas bahwa ternyata IP Address terdiri dari 32 bit angka biner dan bahwa dalam sebuah IP Address yang terdiri dari 32 bit biner tadi terdapat porsi NETWORK-ID dan porsi HOST-ID.

NETWORK-ID digunakan untuk identifikasi alamat jaringan sehingga apabila ‘Jaringan lain’ ingin berkomunikasi dengan jaringan kita tinggal menuju ke Network ID tersebut.

Sedangkan HOST-ID adalah Identifikasi Host atau Komputer yang ada di dalam jaringan. Nah bagaimana kita dapat menentukan yang mana porsi Network-id dan yang mana Host-id nya ? padahal kita tidak dapat dengan begitu saja mengatakan bahwa 8 bit terakhir dari sebuah alamat IP adalah porsi Host-id.

Inilah gunanya Prefix.

Prefix berfungsi sebagai penunjuk berapa banyak bit dari sebuah IP Address yang merupakan porsi Network-id.

Dengan mengetahui Prefix kita bisa mengetahui Host mana saja yang dapat dipakai. Prefix ini biasanya di gunakan dalam konfigurasi Router.

Contoh penulisan prefix “ 192.168.3.0/24 “ .. dimana /24 adalah prefix dari jaringan 192.168.3.0 yang artinya jika 192.168.3.0 diubah dalam 32 bit angka biner maka 24 angka pertama merupakan NETWORK-ID dan 8 bit sisanya adalah HOST-ID . perhatikan uraian di bawah ini :

pengertian prefix dan subnet mask pada jaringan komputer

Penggunaan prefix /24 ternyata akan menghasilkan jaringan dengan jumlah host sebanyak 254.
Untuk lebih jelasnya kita gunakan lagi contoh lain. Kali ini dengan network address dan prefix yang berbeda. Network address tidak selamanya bernilai seperti 192.168.3.0 . network address bisa saja memakai nilai lain tergantung pada prefix.

Contoh kita akan mencari ip address yang bisa digunakan pada ip 192.168.3.130/29

prefix pada ip address

Penggunaan prefix /29 hanya menghasilkan sebanyak 6 host saja. Kira kira begitulah fungsi prefix pada jaringan komputer. Selanjutnya kita akan bahas Subnetmask

Pengertian Subnet Mask

Apa itu subnet mask ? sama seperti Prefix , Subnet mask juga merupakan penentu porsi Network-id dan Host-Id pada deretan angka binner. Nilai subnet mask ini mengikuti nilai prefix , itu sebabnya saya membahas prefix lebih dulu.

Jadi apa bedanya subnet mask dengan prefix ?

beda penulisan saja.

Subnet mask di tuliskan dalam bentuk biner.
Sebagai contoh jika kita memiliki IP Address 192.168.4.1 /24 (prefix 24) maka menurut pembahasan sebelumnya 24 bit pertama adalah porsi Network-ID dan 8 bit setelahnya adalah porsi Host-ID. Cara mendapatkan subnet mask nya cukup mudah yaitu

Jika bit Ip address tersebut adalah porsi Network-id maka semua nilai bit nya adalah SATU.
Jika bit Ip address tersebut adalah porsi Host-id maka semua nilai bit nya adalah NOL.

contoh : 

pengertian subnetmask 1

Maka Subnet Mask dari IP Address ber Prefix /24 adalah 255.255.255.0
contoh lain jika prefix nya /28 : 

pengertian subnetmask 2

Maka Subnet Mask dari IP Address ber Prefix /28 adalah 255.255.255.240
Nah kira kira begitulah cara menuliskan Subnet Mask pada pengaturan IP Address.

 

Agar mudah menghitung biner pada IP address.

IP address memang terdiri dari 32 bit angka binner. Namun tetap saja jumlah bit terbanyak yang akan kita hitung adalah 8 bit saja karena 32 bit IP address merupakan gabungan dari 4 buah 8 bit bilangan biner . untuk lebih mudah dalam perhitungan biner maka kita gunakan tabel yang mertas dc buat dibawah ini .

rumus hitung subnet mask

angka pada baris diatas adalah tetap. mengingat table nya sendiri cukup mudah bukan ? coba anda perhatikan.

kira kira cukup seginilah dulu bahasan mengenai Subnet Mask , Prefix , dan Cara mudah menghitung biner pada IP address.

19 KOMENTAR

  1. terimakasih ilmu nya gan. bahasa nya sangat mudah dipahami bagi pemula. ayo lah ditulis lagi yang banyak tentang IT nya. kok malah banyakan artikel psikologi.

  2. penjelasan tentang prefix 29 nya salah tuh bang , harus nya ip valid nya 192.168.3.129 – 192.168.3.134 dan host yang di pakai cuma bisa 6 host
    di hitung dari
    1. 129
    2. 130
    3. 131
    4. 132
    5. 133
    6. 134

  3. apa ini berarti nilai prefix kita yang asumsikan terlebih dulu baru dicek berapa jumlah host yang bisa digunakan ya bang?

    • kedua informasinya sama. prefix = juga menentukan jumlah host.
      jadi misalnya kita sebagai teknisi jaringan menginginkan jaringan lokal kita dapat menampung 254 host maka kita gunakan prefix 24. atau jika ingin lebih kecil, 127 ip host saja maka gunakan prefix 25.

      contoh lagi kita berlangganan ip public dari isp. informasi yang mereka berikan adalah networknya 36,33,224,224/29 maka dari informasi tersebut kita bisa menghitung ip public yang kita dapat adalah 36,33,224,225 sampai 36,33,224,230

  4. Knpa klo ipnya yang prefixnya 24 hostnya 8 angka.. dan prefixnya 29 hostnya 4 angka.. mohon penjelasan

  5. Terimakasih untuk paparannya yang mudah dipahami. Dari saya yang awam mas punya kemampuan dalam menyampaikan sesuatu hal yang mas pahami dengan runtun, rinci, dan mudah dipahami. Mas bisa kembangkan itu untuk berkarir dalam bidang apapun yang mas mau. sekedar memberi opini karena ingin mempertegas apa yang saya rasa itu menjadi kelebihan mas muchlis. Sekali lagi terimakasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here