Beranda Blog 10 Tips dalam memilih Template Blog

10 Tips dalam memilih Template Blog

16

Memang betul yang paling penting dari sebuah blog adalah kontennya. Namun artikel sebaik apapun akan sia sia saja kalau tidak enak dilihat atau tidak memunculkan minat dari visitor untuk membacanya.

Berkaitan dengan hal tersebut secara langsung tentu saja adalah TEMPLATE BLOG.

Tidak hanya dalam segi tampilan, dalam memilih template blog ada banyak lagi faktor lainnya yang akan dibahas tuntas pada artikel ini.

panduan dalam memilih template blog

ketika memilih template blog, secara garis besar ada dua hal yang harus di utamakan.

Pertama, template blog tersebut harus membuat nyaman manusia dulu. ini penting, bukankah anda membuat blog untuk di baca manusia ?

Kedua, template blog tersebut harus seo friendly, artinya harus bersahabat dengan mesin pencari. Ternyata ini jauh lebih penting lagi, sebab agar dianggap bagus oleh mesin pencari (dalam hal ini maksudnya adalah google) maka blog kita harus mengikuti rules dari google, salah satu rule nya “suatu blog harus dianggap nyaman bagi manusia”. dengan kata lain google mencakup semua fokus kita dalam memilih sebuah template.

Meskipun google mengharuskan blog kita nyaman bagi manusia tetap saja bukan manusia sepenuhnya yang mempengaruhi penilaian. yang artinya google masih bisa di curangi. namun begitu google tetap tau blog anda disukai pembaca atau tidak dengan perhitungan tersendiri.

kalau kita uraikan lagi maka dalam memilih template blog harus mempertimbangkan 10 hal di bawah ini.

1. Tampilan Templatenya Bagus.

Sudah pasti anda akan memilih template yang bagus dari sisi desain bukan ?
selain itu bagus disini juga dalam artian tulisannya menjadi lebih enak di baca .
font nya enak dilihat, tidak kekecilan dan warnanya tidak aneh.
selain itu yang perlu di perhatikan adalah lebar area baca, tulisan yang terlalu melebar akan membuat mata lelah untuk mengikuti tulisan anda dari kiri layar ke kanan. itulah sebabnya kebanyakan template menggunakan area baca yang di batasi lebarnya. pertimbangkan untuk memilih template jenis ini.

Template blog yang mudah di kostumisasi menjadi nilai tambah.

 

2. Memilih Template Responsive.

Maksudnya adalah templete tersebut mampu menyesuaikan tampilannya terhadap banyak ukuran layar. jadi baik dilihat dari layar desktop maupun dari layar smartphone tampilan blog anda akan tetap bagus.

Google sudah menerapkan alogaritma mobilegeddon, maksudnya tampilan yang mobile friendly akan lebih di utamakan di hasil pencarian jika di akses melalui browser mobile. melihat fakta bahwa jaman sekarang orang yang mengakses internet dari smartphone lebih banyak daripada komputer maka saya rasa tampilan template responsive ini wajib hukumnya.

Anda bisa mengetes template blog tersebut responsive atau tidak dengan mengeceknya menggunakan Responsinator atau Mobile Friendly Test dari Google.

Cek saja demo blognya.

Atau yang paling mudah adalah melakukan zoom pada web page di browser langsung. zoom sekitar 350%

 

3. Kecepatan Blog.

Kecepatan blog biasanya berbanding terbalik dengan keindahan blog karena diperlukan banyak script dan lain sebagainya untuk menciptakan pernak pernik keindahan tersebut.

Namun ada cukup banyak juga template yang tampilannya indah tapi tetap ringan dan cepat loading page nya.

Ingat. kecepatan blog juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung. kalau blog anda loadingnya lama maka pengunjung akan lari, toh masih ada artikel yang sama bahasannya dengan yang anda buat di hasil pencarian google. kecuali artikel anda benar benar spesial.

Maka saran saya pilihlah template yang simple tapi tidak murahan. yang penting cepat. google tau blog mana yang cepat dan yang lambat dan google juga melakukan perhitungan tersendiri terhadap hal tersebut. mempengaruhi posisi konten anda di hasil pencarian.

Yang paling populer anda bisa uji kecepatan blog menggunakan GTMETRIX atau Google Page Speed

Pada GT Metrix standart nya page load time tidak lebih dari 6,3 detik, sedangkan pada Google page speed normalnya nilai speed diatas 70.

 

Seo Friendly

Responsive, Mempunyai kecepatan yang bagus, Membuat betah pengunjung. semuanya mempengaruhi nilai blog di mata Google.

tapi selain itu masih banyak lagi, yaitu :

4. Struktur Data

Blog anda haruslah terstruktur dengan baik. Terstruktur ataupun tidak suatu blog pastinya dipengaruhi oleh template. karena pada template itu lah tag tag data diletakkan. tag bagian tanggal posting, bagian nama pengarang, dan lain lain.

Maka jangan salah pilih. cek dulu data terstrukturnya banyak error atau tidak. biasanya template yang terjamin data terstrukturnya tidak gratis.

Gunakan Data Terstruktur Google sebagai penilai.

Klik ‘ambil url’ lalu masukkan url atau alamat blog yang ingin di uji data terstrukturnya. dalam hal ini seharusnya anda menguji blog demo yang akan anda beli.

 

5. Penggunaan Tag Heading H1

Penggunaan H1 (heading utama) tidak boleh berlebihan, satu halaman cuma boleh mengandung satu tag H1 saja. kenapa ? Karena Mesin Pencari membaca H1 sebagai judul. apa yang di tulis di dalam tag tersebut akan dianggap yang paling mencolok dari keseluruhan artikel.

Template yang bagus harusnya sudah otomatis menjadikan judul postingan sebagai H1.

Cara mengeceknya adalah dengan menandai judul postingan pada demo blog lalu klik kanan > inspect element. disana akan terlihat tulisan yang anda blok menggunakan tag H1 atau tidak.

 

6. Penggunaan Meta Tag : Keyword

Penggunaan meta keyword yang berlebihan itu sah sah saja. tapi itu dulu. kalau sekarang ceritanya lain lagi, meta keyword sekarang sudah di benci oleh mesin pencari karena praktik blogger yang menggunakan meta keyword secara berlebihan pada masa silam.

Penggunaan meta keyword pada blogger juga di pengaruhi dan harus di setting pada template.
untuk mengeceknya anda bisa melakukan ini.

Buka salah satu artikel, tekan ctrl + u, lalu find (ctrl + f) , ketik ‘meta’ atau ‘keyword’ anda akan menemukan seperti gambar di bawah ini.

meta keyword berlebihan - cara memilih template

Meta keyword seperti pada contoh tergolong berlebihan karena dilakukan pengulangan kata beberapa kali.

 

7. Kesediaan Meta Tag Open Graph Sosial Media.

Sangat sedikit perannya dalam mempengaruhi seo, bahkan ada yang bilang tidak berpengaruh. tapi tunggu dulu. apa sih open graph itu ?

Open graph adalah suatu bentuk tag kepemilikan blog anda dalam sosial media. dengan tag open graph pihak facebook akan tau bahwa situs Meretas DC ini adalah milik Muchlis kalau di Facebook.
Pengaruhnya yang paling besar adalah ketika situs anda di share ke social media. pada hasil share bisa terjadi gambar tidak muncul, tulisan pada kotak preview nya amburadul, nama pengarang tidak tertulis dengan benar.

Nah pastikan semua itu baik dalam memilih template. anda bisa menguji dengan share blog demo blog tersebut ke facebook.

Template Blog tersebut sebaiknya mempunyai tombol share ke sosial media.

 

8. Minim Ratio Pentalan

Apa itu Ratio Pentalan (Bounce Rate) ?

Jika pengunjung datang ke sebuah halaman artikel lalu tidak melakukan aktifitas apa apa lagi setelahnya, maka google akan menghitung dan menambahkan kunjungan tadi sebagai ratio pentalan.

Untuk mengatasinya, kita harus pintar pintar untuk membuat visitor mengklik setidaknya satu buah saja link pada halaman kita tersebut.

Maka dari itu pilihlah template yang sudah menyediakan bagian “artikel terkait” pada bagian bawah setelah artikel. tujuannya agar setelah artikel anda di baca habis visitor tadi melihat artikel terkait lalu mengkliknya.

Related Article juga memudahkan perayapan google ketika mengunjungi blog kita.

 

9. Punya Breadcrumb

Apa itu Breadcrumb ? itu loh yang biasanya terlihat di bagian bawah atau atas judul. fungsinya untuk mengetahui sedang berada di halaman dan kategori apa kita sekarang.

Pada artikel ini terlihat seperti :

Home Blog  10 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Template Blog

Penggunaan breadcrumb ini untuk memudahkan navigasi pengunjung dan search engine dalam membaca struktur hirarki (tingkatan) blog kita.

Selain itu dengan menggunakan Breadcrumb blog anda akan terlihat lebih rapi di hasil pencarian google. tinggal diimbangi dengan pemasangan kategori atau label yang pas.

penggunaan breadcrumb di penulusuran
tampilan dgn breadcrumb dan tanpa breadcrumb di pencarian

 

10. Tag ALT pada Thumbnail

Biasanya di halaman beranda banyak gambar kecil kecil. satu gambar untuk setiap judul artikel. gambar kecil kecil ini di sebut thumbnail, yaitu gambar versi kecil perwakilan dari gambar aslinya.

Pada setiap gambar harus di sertakan tag alt dan title karena google memanfaatkan semua informasi itu untuk memberikan hasil pencarian yang terbaik. kalau gambar anda tidak ada tag alt nya maka semua gambar tersebut akan di nilai buruk. pastinya anda tidak ingin banyak hal hal buruk di blog anda.

Nah anda sebaiknya mengecek apakah template yang anda pilih sudah otomatis menambahkan tag alt dan title pada setiap thumbnail yang di hasilkan. biasanya sudah otomatis di tambahkan sesuai judul artikelnya. tapi ada juga pembuat template yang melewatkan hal ini.

Gunakan CHCKME hanya untuk mengecek gambar gambar tersebut. CHCKME utamanya di gunakan untuk pengecekan SEO sebuah blog.

 

Bagikan :

16 KOMENTAR

  1. Wahhh… mantap gan artikelnya…ternyata tamplate emang ngaruh bgt ya di SERP
    Makasih juga udah berbagi info yg bermanfaat

    • berpengaruh saja, bangetnya di hilangkan ya.
      yang paling berpengaruh tetap kualitas konten, penggunaan kata kunci, dan backlink.

  2. Kebetulan ane sedang mencari kesemuanya ini gan, siapa saja sih yang handal membuat template? Kan kalau ada rekomendasi kaya gini langsung bisa menuju kesana. Ane catat betul-betul nih gan supaya tidak salah dalam mengambil keputusan

  3. Nice tips gan, baru2 ini google juga ngwluarin algoritma baru buat deteksi website yg responsive khusus mobile bakal diprioritaskan untuk tampil di hasil pencarian.

  4. Templatenya Mas Sugeng yang versi blogger dulu sangat terkenal sehingga justru membuat mayoritas blog tampilannya biasa saja tidak menarik karena terlalu banyak yang memakainya. Kini, template tersebut cuma dipakai oleh blogger-blogger newbie yang masih giat mencari receh di dunia maya saja.

    • Yup Brosense nya memang banyak banget di pakai, banyak juga di review orang sebagai template gratis terbaik untuk adsense. tapi kombinasi warna nya bukan selera saya.
      Arlina juga punya yang mirip, template newbiee banget yang sempat saya pakai.

  5. Ternyata memilih template juga tidak boleh asal-asalan dan sembarangan ya, makasih mas infonya berguna sekali …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here