Beranda Trik Psikologi kekuatan tersembunyi kata KARENA

kekuatan tersembunyi kata KARENA

4

Menurut kamus besar bahasa Indonesia kata ‘karena’ dapat di definisikan sebagai “kata penghubung untuk menandai suatu sebab atau alasan”. So ternyata kata karena atau because ini cuma sebuah kata penghubung.

Namun tahukah sobat bahwa ternyata kata “KARENA” mempunyai kekuatan terselubung ?.
Sebuah percobaan psikologi singkat pernah kami lakukan.

Uji coba kecil kecilannya seperti ini :

ketika Langit menyela kerumunan orang yang sedang menggunakan mesin fotocopy di kantor, Langit berkata :

“maaf , boleh tidak saya pinjam mesin foto copy nya ?”

Hasilnya ?  kurang dari setengah orang-orang di kerumunan itu menyetujuinya.

Hal yang menakjubkan adalah Langit mendapati hasil yang berbeda, dimana hampir setiap orang menjadi menyetujuinya ketika kalimatnya diganti menjadi :

“maaf , boleh tidak saya pinjam mesin foto copy nya karena saya harus memotocopy ?”

Alasan yang agak konyol, karena mesin fotocopy ya fungsinya untuk mem-fotocopy dan orang lain di kerumunan itu pun punya tujuan yang sama yaitu memotocopy.

Tetapi kenapa alasan itu menjadi sangat efektif ?

Lagi , Pernahkah anda melihat film superhero Batman ? kenapa dia selalu menang di setiap pertempuran, bahkan musuh musuhnya pasti bergidik ketika mendengar nama Batman ? ketika salah satu musuh nya bertanya “kenapa bisa blablabla?” jawaban batman hanya satu “because im BATMAN” . wow wow. hahaha

Alasan yang konyol (tapi keren), namun vilain batman bisa menerimanya. bahkan penontonpun bisa menerima. kira kira kenapa ?

Sebab kata “KARENA” memicu penerimaan tak sadar orang lain bahwa penjelasan yang mengikutinya adalah “valid” dan dapat diterima.

Ketika Kita mendengar sesuatu kita nyaris selalu memiliki respons dalam menerimanya. Dalam hal ini Entah kalimat setelah “KARENA” itu masuk akal ataupun tidak, secara tidak sadar kita menganggapnya masuk akal dan karenanya kita tidak mau bersusah-susah memproses penjelasan yang mengikutinya.

Ini sebabnya pemakaian kata “KARENA” sangat disarankan pada trik psikologi Cara menolak permintaan tanpa harus merasa bersalah.

Artikel ini hanya artikel penunjang untuk melengkapi trik trik Psikologi yang lain. semoga ada manfaatnya bagi sobat pembaca.

4 KOMENTAR

  1. iya juga si . apalagi org yg malas mikir biasanya oke oke aja dengan alasan yang dangkal. ternyata karena ga mau susah memproses penjelasan. sip sip

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here