Beranda Android 6 Cara Efektif agar Hemat Kuota Internet di Android

6 Cara Efektif agar Hemat Kuota Internet di Android

21

Menghemat kuota bukan berarti kita pelit, tetapi agar penggunaan resource android kita bisa lebih efesien sehingga tidak ada yang terbuang sia sia.

Sebab, borosnya kuota mempengaruhi baterai dan lain lainnya juga.

Ada banyak faktor yang membuat kuota android jadi boros, dibawah ini adalah cara cara untuk mengatasinya :

#1 Matikan Sinkronisasi data yang tidak diperlukan.

Sinkronisasi Google

Pada setiap smartphone android wajib dipasang satu akun gmail sebagai syarat untuk membuka google playstore.

Nah pentingkah gmail tersebut bagi anda ? kalau tidak, matikan saja sinkronisasinya.

Akun google tersebut biasanya tersinkronisasi secara terus menerus yang artinya selalu menggunakan koneksi internet untuk melihat apakah ada pembaruan email, kontak dll.

Untuk mematikannya sinkronisasi, Masuk ke menu Setting > Akun > Google > masuk ke akun Google > matikan sinkron yang tidak anda perlukan.

 

Update Otomatis aplikasi pada Google Playstore

Ini juga penting. Biasanya begitu ada update aplikasi, Googleplay akan mengupdatenya secara otomatis. Padahal tidak semua aplikasi melakukan update besar. Kadangkala updatenya malah tidak kelihatan ada perubahan apa apa. Banyak juga aplikasi android yang minta update melulu tanpa adanya perubahan berarti.

Maka sebaiknya kita melakukan update ketika terjadi perubahan besar pada aplikasi yang bersangkutan saja.

hemat kuoata di ponsel android

 

Sinkronisasi Sosial Media

Aplikasi Facebook terkenal sangat boros kuota dan boros Ram juga.

Menginstallnya artinya anda akan mendapat dua kerugian yang saya sebutan tadi. Rugi Kuota, rugi Ram.

Solusinya hapus saja aplikasi Facebook. Pihak Facebook sendiri belum bisa menemukan solusi yang terbaik untuk mengatasi hal tersebut. Ada sih Facebook lite, tapi mending facebookan pakai opera mini saja. atau browser yang menurut anda setara iritnya dengan Opera mini.

Sedangkan untuk Twitter anda bisa menggunakan tweetcaster pro yang sudah saya akui sangat lengkap fiturnya. Tweetcaster dilengkapi fitur yang sangat oke untuk stalking, misalnya mengawasi gerak gerik pacar anda.

Setting refresh berkala tweetcasternya sesuka kita sehingga bisa kita optimalkan agar hemat kuota.

 

Aplikasi Chatting

Aplikasi apa yang anda gunakan untuk chating? Whatsapp, Line, Wechat, Bbm, atau jangan jangan Semuanya ? astaga !

Aplikasi chating selalu menggunakan sinkronisasi data secara terus menerus. Itu sebabnya pesan bisa masuk kapan saja selama terkoneksi ke Internet.

Sebaiknya gunakan aplikasi chating yang anda pakai saja dan Uninstall / Disable sisanya.

Misalnya di smartphone Samsung, Secara awal pasti ada ChatOn. Padahal anda sama sekali tidak memerlukannya karena di Indonesia ChatOn tidak ada yang pakai. Maka apa yang harus anda lakukan adalah menghapusnya.

 

#2 Gunakan OPERA MAX agar hemat kuota

hemat kuota android dengan opera max
Produk-Produk dari Opera memang kebanyakan didesain untuk menghemat kuota. Yang paling terkenal adalah Opera Mini, Browser kecil yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan menghemat datanya.

Yang terbaru dari opera adalah OPERA MAX. Berbeda dengan sebelumnya opera max bukan sebuah browser. Opera Max merupakan sebuah tool yang bertindak seperti Proxy. Dalam hal ini Opera Max menjadi perantara smartphone kita dengan Internet.

Benar, Menggunakan Opera Max jadi lebih hemat kuota. Cara kerjanya adalah mengompresi atau merampingkan data gambar, Video dan halaman web sebelum masuk ke smartphone kita.

Misalnya gambar DP BBM, gambar gambar dari browser, video dari youtube, aplikasi semuanya akan di kompres sehingga load datanya lebih kecil. Hebat ya ?

Kelebihan lainnya, opera max bisa digunakan untuk memblokir aplikasi agar tidak dapat mengakses internet. Biasanya game game gratisan banyak iklannya, setiap iklan yang muncul selalu mendownload dahulu gambar iklannya. Nah blokir saja aplikasi yang seperti itu.

Download atau lihat kemampuan lain Opera Max disini.

Namun ada kekurangannya

  • Pertama : Kualitas dari gambar atau video yang di load dari internet akan berkurang meskipun tidak terlalu buruk
  • Kedua : Opera max berjalan di latar belakang terus menerus. Hal ini akan memakan sedikit Ram smartphone kita.
  • Ketiga : Karena semua data gambar di kompresi, opera max harus dimatikan dulu kalau kita ingin bermain game online.

 

#3 Pakai Browser yang Tepat

Browser apa yang anda pakai untuk sekedar membaca baca berita di dunia maya ? Google Chrome, Dolphin, CM browser ?

Meskipun rata rata browser sekarang punya fitur hemat data seperti Reduce Data pada Chrome, Offroad Mode pada Opera tetap saja kuota bisa jebol.

Saran saya kalau sekedar baca baca text gunakan Opera Mini (Opera mini berbeda dengan Opera). Opera Mini lebih hemat karena kompresi data yang ekstrim. Efek samping dari penghematan tersebut java script jadi tidak aktif.

 

#4 AdBlock plus untuk memblokir Iklan

Beberapa aplikasi gratis ada iklannya. Ada iklan artinya ada data tambahan untuk download gambar iklan.

Sementara kalau anda blokir di opera max aplikasi tersebut tidak dapat mengakses internet sama sekali. Jadi bagaimana solusi seandainya anda tetap menginginkan aplikasi tertentu tetap dapat mengakses internet tapi iklannya hilang ?

Masalah itu bisa teratasi dengan mendownload aplikasi yang sudah pro atau premium.

Kalau anda tidak bisa membeli atau menemukan aplikasi premium (yang sudah gak ada lagi iklannya) tapi anda tetap ingin aplikasi tersebut masih menggunakan internet maka gunakan ADBLOCK Plus, syaratnya smartphone anda harus di root terlebih dahulu.

 

#5 Greenify untuk menidurkan aplikasi

cara hemat kuota android dengan greenify

Fungsi utama dari Greenify bukan untuk menghemat kuota, namun lebih ke penghematan RAM dan Prosesor yang digunakan.

Cara kerjanya adalah dengan menidurkan aplikasi yang kita pilih agar proses dari aplikasi tersebut mati, biasanya mati ketika layar smartphone kita padam dan akan hidup kembali kalau aplikasi tersebut kita buka.

Cara kerja greenify bisa kita manfaatkan untuk menghemat kuota dengan menghibernasi aplikasi yang menurut anda tidak memerlukan update secara realtime.

Saya sendiri menggunakan Greenify untuk menghibernasi aplikasi seperti Path,Instagram , dan aplikasi yang hanya saya buka ketika diperlukan saja. Download Greenify (perlu Root)

 

#6 Paling Ekstrim

Sebenarnya pada setiap smartphone Android sudah di sematkan fitur untuk membatasi data di latar belakang.

Dengan mengaktifkan fitur ini maka semua proses yang memerlukan internet tidak dapat berjalan. Kecuali kita membuka aplikasi yang bersangkutan.

Efek sampingnya ? Semua aplikasi yang Idle tidak keluar notifikasinya.

Penggunaan fitur ini tidak disarankan apalagi jika anda memakai aplikasi chating seperti Whatsapp, Line dan yang lainnya.

Fitur ini bisa di aktifkan melalui menu Setting – Penggunaan Data – Batasi Data Latar Belakang. Selesai.

Baca juga : 16 Aplikasi android terbaik untuk anak IT

Periksa dan terapkan cara cara diatas agar kuota anda tidak terpakai sia sia.

Bagikan :

21 KOMENTAR

  1. menurut ane nomor 1 dan 4 itu waajib untuk dilakukan gan,soalnya update otomatis dari playstore itu makan kuota gede.Load iklan juga makan kuota yang gak sedikit gan

    • untuk nomer 4 saya sendiri gak pake. karena apikasi di hh saya premium semua. pake lucky patcher bisa menyulap aplikasi berbayar tertentu jadi gratis.

  2. saya sering kalo buka bwroser juga pakai opera max, solusinya hemat internet akibat kompres data ya mas 🙂

  3. iini ni yg dulu ane cari. kebanyakan minta udpdate terus. tapi sebagian besar minta update ketika konek ke hotspot…jangan pake adblock deh nanti pendapatan para blogger ga ada dong ^_^.

  4. ini dia tips menghemat kuota data, banyak yang mengeluh karna kuota data sering cepat habis padahal hanya karna hal sepele yang belum di ketahui ya mas. tips ini sangat membantu untu mengatasi permasalahan yang ada

  5. tips yang saya butuhkan ini termasuk semua pengguna android agar hemat kuota jadi hemat ekonimi juga 🙂

  6. admin saya mau tanyak ini misal nya kalo si A video call ke si B melalui wechat,tapi yang menghubungin itu dari si A.
    yang mau saya tanyakan kuota internet nya si B itu ada kenak potong juga tidak??

    • yang terlihat memang begitu. karena system android menganggap opera max yg melakukan download data data yg seharusnya aplikasi lain download. padahal operamax mendownload lebih sedikit data dibanding aplikasi aslinya.

  7. Thx infonya. Sip… Btw, seberapa penting update aplikasi itu ya… masa seminggu sekali satu rombongan aplikasi minta update… risih aja sih… klo pas connect ke wifi kantor sih gpp, tp lama2 ribet juga. Apalagi barusan minta update tp bukan dr google play, sktr 924MB, mungkin OS yah ? ampun dah… ane pake Samsung A3

    • tergantung aplikasinya. update aplikasi ada yang minor ada juga yg update besar. anda bisa baca pada keterangan “whats new” misal ketika update aplikasinya ada penambahan fitur tapi bagi anda fitur barunya tidak begitu penting maka boleh saja tidak di update..

      saran sy update selalu aplikasi yang berhubungan dengan orang banyak. sedangkan aplikasi yang dipakai sendiri update satu atau beberapa bulan sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here