Beranda Hacker Pengertian Deep Web dan Cara Mengakses Dark Web

Pengertian Deep Web dan Cara Mengakses Dark Web

44

Selama ini kita sering mendengar istilah Berselancar di Dunia Maya, bukan ? Ketika berselancar kita hanya menyentuh permukaan lautnya saja. Di kedalamannya siapa yang tahu ? Kira kira begitulah gambaran Internet dan Deep Web (web dalam).

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan pengertian Deep Web. Harapannya setelah membaca artikel ini kita tidak salah Kaprah lagi mengenai istilah Deep Web.

Tentang Deep Web

Deep Web adalah kumpulan konten World Wide Web yang tidak terindex oleh mesin pencari standar (seperti Google, Bing, Yahoo).
Seperti namanya ‘Web Mendalam’ tidak terlihat dipermukaan.

Meskipun tidak terlihat, konten Deep Web tetap dapat diakses dengan menggunakan tool khusus.

Menurut hasil riset jumlah konten situs yang digolongkan sebagai Deep Web sangatlah banyak. Hampir 96% dari keseluruhan Internet. Artinya situs yang biasa kita akses seperti Facebook, Google dll itu hanya 4% nya saja.
Menurut hasil riset pula sebagian besar konten DeepWeb berisi tentang database dari hasil penelitian.

Namun di indonesia ternyata banyak yang salah kaprah tentang hal ini.

Karena hampir semua blog berbahasa indonesia menggambarkan Deep Web sama persis, yaitu sebagai kumpulan situs yang mengandung konten konten negatif dimana terdapat banyak kengerian di dalamnya, juga tempat berkumpulnya Hacker sehingga anda harus selalu berhati hati.

deep web adalah

Pertanyaannya, Benarkah jumlah situs Deep Web demikian begitu besar? apakah terpintas di benak anda bahwa ada yang salah tentang hal tersebut?
Pertanyaan-pertanyaan yang saya daftar di bawah ini mungkin dapat membantu anda untuk mencerna informasi itu.

  • Lebih banyak mana foto yang diupload di internet oleh jutaan orang setiap harinya di banding data riset orang orang khusus?
  • Jika deep web adalah kumpulan situs dengan konten tidak normal maka lebih banyak mana jumlah orang orang seperti itu dibanding blogger yang jutaan jumlahnya?
  • Dari semua teman anda, berapa orang yang menjadi peretas atau golongan psikopat? bahkan psikopat belum tentu bisa membuat tempatnya sendiri di deepweb, bahkan kebanyakan Hacker juga bermain di forum surface web.

Jadi jelas ada kesalah pahaman disini.

 

Pengertian Deep Web sebenarnya

Di dalam Deep Web memang ada beberapa situs pornografi, jual beli narkotika, situs kekerasan, peretasan. Hampir semuanya dari situs Deep Web yang kita kenal berdomain dot onion.

Namun sebenarnya situs berdomain dot onion tersebut bukan Deep Web secara keseluruhan.
Dot Onion cuma sebagian kecil dari Deep Web yang bisa kita sebut Dark Web atau sisi gelapnya internet.

Situs berdomain Onion terhubung ke internet melalui jaringan TOR atau Jaringan Bawang. Untuk mengaksesnya memerlukan tool khusus sehingga bisa digolongkan sebagai Deep Web. Jangan kaget, Jumlahnya hanya 0,3 % dari total keseluruhan web. Sangat sangat kecil.

Deep web adalah seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, yaitu kumpulan situs yang tidak terindex oleh mesin pencari umum.

Artinya private message facebook anda pun adalah bagian dari DeepWeb karena tidak terindex oleh mesin pencari.

Jika saya membuat sebuah situs yang hanya bisa di akses oleh jaringan kantor saja maka situs tersebut juga bisa di golongkan sebagai Deep Web karena untuk dapat mengaksesnya anda harus masuk ke jaringan lokal terlebih dahulu.

Oleh karena itu lah besaran kapasitas Deepweb dikatakan sangat besar oleh para ahli. Meskipun sangat besar Deep Web tidak bisa dikatakan sebagai Internet yang Sebenarnya karena kebanyakan isinya adalah penunjang Web bagian atas.

Jika di ibaratkan internet bagian atas adalah wajah dan halaman toko yang bisa anda lihat sedangkan gudang gudang privasi di belakangnya termasuk Deep Web.

Sebagian lainnya lagi merupakan toko toko gelap yang tidak memiliki halaman depan yang bisa di kategorikan sebagai Dark Web.

Uniknya ramai ramai digambarkan bahwa seluruhnya dari Deep Web itu tadi bisa dijumpai dalam situs berdomain onion.

Penggambaran tentang jumlah .onion yang salah kaprah tersebut turut serta membuat nama Deep Web begitu melegenda. Seolah olah Internet yang sebenarnya adalah Deep Web karena jumlahnya yang sangat besar.

Sampai sampai banyak dari mereka yang rasa ingin tahu nya tinggi ingin mencoba memasuki Deep Web ini (yang sebenarnya adalah Dark Web).

Dark Web adalah kumpulan web dalam yang merupakan bagian kecil dari Deep Web. Untuk mengaksesnya kita memerlukan tool dan jalur khusus. Sebut saja salah satunya TOR Network.

 

Penjelasan Jaringan TOR dan Cara Mengakses Deep Web (Dark Web)

Jaringan TOR (the onion router) atau bisa disebut jaringan bawang adalah server yang membuat pengguna menjadi anonim di internet.

Tor bekerja dengan cara mengarahkan lalu lintas internet anda ke lebih dari 3 relay sebelum sampai ke tujuan.

jaringan tor deep web

 

Pengertian sederhananya komputer anda akan melalui komputer komputer lain secara acak minimal hingga 3 dari 4000 lebih komputer sukarelawan di dalam jaringan TOR untuk dapat mengakses sebuah situs.

Karena keamanan berlapis tersebutlah jaringan ini disebut sebagai jaringan bawang.

Identitas kita tidak dapat di ketahui sehingga bisa dipastikan kita tidak terlacak ketika memakainya. Namun begitu data yang kita kirimkan tetap tidak terjaga keamanannya karena Jaringan TOR hanya melakukan Enkripsi data sampai ke pintu keluar ‘exit relay’.

Jaringan TOR di ceritakan kedalam Film MR.Robot Episode 1.
Elliot berhasil membuka kedok seorang pengedar konten sex dibawah umur dengan cara mengontrol Exit Node/relay dari jaringan TOR.

Wanna be Mr Robot? Di Artikel yang ini saya ulas bagaimana caranya menjadi Hacker ditahap awal. Pada tahap awal anda harus mengenal jaringan. Harus !

Mungkin anda penasaran kenapa DeepWeb (Dark Web) itu ada?
Situs berdomain dot onion hadir sebagai bentuk perwujudan terkumpulnya situs situs yang berlawanan dengan hukum namun tetap bisa bebas di akses melalui jalur khusus.

Pemilik site berdomain onion pastilah orang orang yang identitasnya tidak ingin di ketahui. Jika mereka publikasikan web mereka di Internet maka habislah mereka karena gampang terdeteksi dan gampang dilacak.

Cara mengakses Deep Web (Dark Web) tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan TOR Browser yang bisa di download di TorProject.

Ketika menggunakan Tor Browser anda bisa membuat identitas sendiri dengan membuat virtual IP Address sehingga IP sebenarnya tetap dirahasiakan.

Jika merasa belum aman anda juga bisa membuat tor browser terkoneksi ke proxy / vpn anda terlebih dahulu. Dengan demikian tidak hanya IP Address kita yang di sembunyikan namun juga fakta bahwa anda yang sedang memakai jaringan TOR.

Beberapa tips ini akan membuat anda aman ketika memasuki dark web :

  • Jangan mendaftarkan email, username dan password anda jika informasi tersebut sama dengan yang anda gunakan pada akun akun berharga anda. Buatlah email khusus jika perlu.

Artikel Cara Mengenali situs Phising membahas lengkap bagaimana caranya agar terhindar dari jebakan situs palsu.

  • Jangan mengaktifkan atau mendownload plugin pada tor Browser. Defaultnya tor browser mengaktifkan fitur noscript yang akan menonaktifkan semua plugin yang dapat menjalankan script, misalnya javascript. Tujuannya adalah agar browser anda tidak tereksploitasi program jahat seperti BeEF (browser anda akan dikuasai jika suatu situs menjalankan BeEFing, syaratnya hanya jika browser anda menjalankan satu script saja.. Efeknya ? Pencurian cookies dan sebagainya). Anda bisa saja mengaktifkan plugin dan dalam bahaya, tapi ketika anda sudah mengerti untuk tidak mengaktifkannya maka anda AMAN.
  • Jangan mendownlod konten di dalam Deep Web dan langsung mengeksekusinya ketika masih online. Tidak ada jaminan file yang akan anda ambil itu aman dari virus. Browser Tor hanya mengamankan identitas anda saja. Beberapa file mungkin adalah trojan. Anda melihatnya dengan format jpg, png dan sebagainya namun ketika di eksekusi malah seperti exe. Maka jika menemui yang seperti itu jangan lanjutkan penginstallan. Backdoor selalu disisipkan kedalam program yang harus anda install atau jalankan.
  • Jangan mendownload melalui torrent di deepweb. Mengapa ? Ketika kita mendownload menggunakan torrent, komputer kita akan terhubung langsung dengan komputer dimana filenya berasal sehingga percuma saja anda menggunakan jaringan bawang.
  • Ketika anda mengikuti saran diatas, tidak perlu lagi berlebihan seperti Menutup Kamera Laptop Anda segala saat memasuki Dark Web. Untuk mengakses laptop anda Hacker memerlukan setidaknya IP Address. Sedangkan IP anda sudah disembunyikan oleh TOR. Atau….. hacker harus menunggu kewaspadaan anda hilang dan menginstall backdoor. Berapa waktu dan tenaga yang terbuang untuk melihat wajah kita yang tidak begitu penting? Keamanan kita sudah berlapis lapis.
  • Mengerti exitnode jaringan bawang. Pada komputer (relawan) paling akhir di JARINGAN TOR data kita tidak di enkripsi. Disini si exitnode bisa saja menjalankan man in the middle attack (meskipun paling paling hanya segelintir dari ribuan). Intinya data anda tidak aman jika koneksi yang dilewati tidak menggunakan https. Jadi saran saya, hanya gunakan tor network ketika ingin mengakses dark web saja. Untuk internetan biasa jika bukan jalur aman (https) jangan menggunakan tor network.

 

Apa saja yang bisa kita temukan di Deep Web ?

Ketika memasuki Deep web anda mungkin akan merasa tersesat karena tidak memiliki peta alamat sebagai acuan. Tenang, ada Hiden Wiki kok. Silahkan menggunakan pencarian di hiden wiki pada Tor Browser.

Didalam hidden wiki sudah terdaftar situs situs berbahaya seperti slickroad dimana didalamnya terdapat penjualan narkoba, site yang memperdagangkan konten sex dibawah umur, pembunuhan dan lain sebagainya.

Situs tersebut dibuat untuk tujuan komersial. Biasanya mata uang yang dipergunakan di dalam Dark Web adalah Mata uang virtual. Bitcoin adalah salah satunya.

Sebagai catatan, url berdomain onion selalu di tulis agak acak, seperti jdsaph45jnsoijda dot onion. Jadi, tidak seperti alamat alamat web biasanya yang mudah di ingat. Alasannya ? coba anda tebak sendiri.

Sekarang sudah mengertikah anda tentang pengertian Deep Web dan apa itu Dark Web yang sebenarnya? Jika artikel ini berhasil menambah wawasan anda, mohon keringanannya untuk share atau lanjutkan membaca artikel yang lain : )

44 KOMENTAR

  1. Iyaa blog lain yg pernah saya baca dulu ngiranya situs ngeri2 dan rahasia gitu menguasai 96% internet yg sebenarnya. saya sempat salah paham tadinya loh tentang deep web.

  2. Hmm iya juga ya, masa jumlah situs yang tidak terindeks lebih banyak dari yang terindex, saya sempet salah kaprah juga nih sampai baca artikel ini.

  3. Banyak yang lebay di grup grup hacker facebook tentang deep web . ternyata gak sebegitunya seperti yang di jelaskan blog agan . sangat mencerahkan.

  4. Selama ini saya kira deep web sama dengan dark web. Ternyata selama ini saya salah, terima kasih penjelasannya.

  5. Aku juga sempet salah kaprah, abis baca artikel ini sekarang aku tau makna deep web sebenernya kayak gimana. Ga kayak di grup hacker fb, mungkin mereka kurang tau wawasan tentang deep web secara luas hahahaa

  6. ah lebay orang2 sebelah, deep web ngeri apaan orang isinya cuma gt2 kok, mereka yang lebay sama deep web atau dark web lah itu cuma orang yang terobsesi jd hacker tp gagal !!Mereka nakut-nakutin supaya mereka di sanjung-sanjung klo dia itu hebat bisa mbobol web yg gak penting!

      • Itu bukan membobol, hanya tempat web berbeda yang kita akses, secara kiasan web itu seperti laut, yang sering kita akses seperti google, layaknya kita terjun ke laut dan berenang, tapi klo kita pengen menyelam lebih dalam, tentu harus memakai peralatan menyelam, seperti itulah gambaran dark web, kita harus memakai tool khusus untuk mengaksesnya, dn itu namanya bukan meng-hack, seperti itu pendapat saya tentang dark web

    • mending belajar dari dasar dulu bang lu belajar php javascript itu kn bhs mesin yg untuk pemula atau gk belajar terntang jaringan dulu aja

  7. Mantap banget artikelnya bang saya merasa tertolong. Kalo slnjutnya mau bikin lanjutannya lagi tolong berikan gambaran

  8. iya jga ya..baru ngeh jga.aku udh prnah cba tu msuk ksitu.tpi rasa tkut nya berlebihan .jdi rgu.tpi ribet bnget mau msuk ksitu.hehe soalnya aku cman pke hp yg ram nya cman 512 mb.

  9. Lu semua ga tau lebih dalemnya deep web yg sebenernya jadi mending ga usah sok bilang lebay kalo belom tau lebih dalem

  10. Saya sependapat dengan admin, banyak orang yang mengasumsikan jika 96% itu adalah sisi gelap internet (.onion) tapi dengan cara berpikir jumlah orang normal dan tidak normal maka artikel ini sangat logis dan maksud akal. Terima kasih atas infonya. 🙂

  11. Aku sendiri pernah masuk kesana… Jadi gini, kan kita pake Tor nah Tor itu VPNnya tebel atau banyak! Jadi… Memang koneksi kita lelet gara” itu… Dan buka link salah satu di Wikihidden juga lama banget

  12. Jadi koneksi sengaja dibuat lemot supaya lebih aman, ya? Pantesan aja kok mau buka siuts tentang film dan anime gabisa” . Ada cara supaya situs itu kebuka ga? Penasaran saya….
    :O

  13. Bang, di deep web juga banyak web berisi info pengetahuan atau penemuan baru kan? Info2 penelitian gitu.
    Cara nyarinya gimana? Pake hiden wiki bisa gak?
    Atau hiden wiki cuma alat untuk nyari alamat dark web doang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here