Beranda Trik Psikologi Trik Psikologi – 4 Cara Minta Maaf ke Pacar Paling Ampuh

Trik Psikologi – 4 Cara Minta Maaf ke Pacar Paling Ampuh

44

Mau minta maaf ke Pacar karena Ketahuan selingkuh ? Atau minta maaf kepada Bos kerena sebuah kesalahan ? Kebetulan sekali MeretasDC akan membahas trik yang paling ampuh agar dimaafkan.

Jadi, sebelum anda pergi untuk meminta maaf, persiapkan dulu diri anda dengan trik trik ini supaya tidak gagal.

Anda pasti sudah tau kalau meminta maaf tidak segampang yang kita kira. Kadang kita membutuhkan lebih daripada sekedar mengucapkan kata kata minta maaf seperti “maafkan aku” agar keadaan bisa normal kembali.

Nah kawan berikut ini akan kami ulas beberapa cara meminta maaf yang kemungkinan berhasilnya SANGAT TINGGI.

Cara minta maaf menggunakan Ilmu Psikologis 

Meminta maaf karena keadaan yang tidak bisa kita kendalikan jauh lebih bisa dimaafkan daripada minta maaf karena keadaan dimana kita mampu mengendalikan keadaan tersebut. Contohnya  ‘ketika kita datang telat lalu meminta maaf karena kita benar-benar lupa’ akan beda hasilnya dengan ‘meminta maaf karena alasan ban kita bocor’.

Dengan melimpahkan kesalahan kepada faktor luar (dalam hal ini kita menyalahkan ban yang bocor) kemungkinannya jauh lebih besar untuk kita agar tidak dimarahi.

Agar lebih mantap lagi jelaskan juga bahwa kita sudah berusaha mengantipasinya tetapi keadaan jauh lebih buruk dari yang diperkirakan. Kalau bisa jelaskan dengan sangat rinci.

Di artikel yang satu ini saya sudah membahas bagaimana cara menjelaskan sesuatu agar mudah di pahami.

Beda kasus beda pula cara penyelesaiannya. Contoh lain adalah ‘Ketika kita berbuat salah lalu pacar kita merasa terhina dan terluka perasaannya’. Dia pasti merasa kita telah mengkhianatinya, tidak perduli, merasa harga dirinya dijatuhkan dan lain lain. Ucapan “maafkan aku” saja sudah pasti 100% tidak mempan. Kenapa ? KARENA KITA BELUM MEMULIHKAN HARGA DIRINYA.

Jadi yang harus kita lakukan adalah mengembalikannya ke kondisi sedia kala.  Bagaimana caranya ? ada empat langkah cara meminta maaf.

minta maaf ke pacar

#1 Bertanggung Jawab

Kita harus bertanggung jawab. Minta maaf ke pacar dengan tulus. Tidak seperti trik sebelumnya sebaiknya kali ini kita bertanggung jawab penuh. Jangan mengalihkan kesalahan ke orang lain yang mana bisa terlihat dibuat buat. Hal itu malah memperburuk keadaan. Soalnya dia pasti tau kita sedang mengalihkan kesalahan.

Keseimbangan EGO nya harus dipulihkan. Dia perlu mengetahui kalau kita tidak sedang memanfaatkannya dan bahwa kita itu sangat memahami perasaannya. Maka dari itu kita harus benar benar tulus.

 

#2 Tunjukkan rasa penyesalan dan ketersediaan menerima hukuman

minta maaf ke pacar - ketersediaan menerima hukuman

Tunjukkan kalau kita menyesal dan yang terpenting katakan kalau kita bersedia menerima hukuman atas segala resiko dari apa yang telah kita perbuat.

Biarkan saja dahulu ia merasa nasib kita berada ditangannya. Kenapa ? Karena tujuan kita adalah memulihkan rasa berkuasa si dia.

Dengan menunjukkan penyesalan dia akan mendapatkan kembali apa yang kita rampas. KEKUASAAN. Bagaimanapun juga saat ini nasib hubungan kita dengannya berada di tangannya. Kembalikan apa yang kita rampas kepadanya maka kita akan dimaafkan.

Contoh kata katanya seperti ini :
“Aku sadar kalau aku salah. Kamu berhak kok marah marah. Aku siap menanggung akibat dari apa yang sudah kuperbuat.”

Lebih bagus lagi sarankan hukuman yang paling berat.

Mau tidak mau dia akan memikirkan itu dan dia akan menilai bahwa apa yang kita lakukan tidak seburuk nilai hukumannya. Maka secara tidak sadar didalam psikologinya akan membentuk pertanyaan “jika kesalahannya tak termaafkan, mengapa aku mau membicarakan hukuman itu.”  dengan kata lain anda masih ada harapan untuk dimaafkan.

 

#3 Minta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan

Jelaskan bahwa anda tidak akan mengulanginya lagi, dan jika kesalahan ini terulang maka sebaiknya kita menjelaskan bahwa sebabnya adalah rasa “takut”. Misalnya anda bisa mengatakan

“Aku takut kamu akan membenciku kalau aku tidak berbohong saat itu. Aku takut kehilangan mu.”

Atau

“Saya takut dipecat pak kalau saya tidak bohong soal barang yang tadi itu.”

Kini tindakan kita tidak seperti sebuah penghianatan, akan tetapi kelihatan seperti tindakan seseorang yang kehilangan akal sehat karena sedang ketakutan. Hal ini membuat kita kelihatan mudah diserang, bagus untuk memulihkan perasaan berkuasa si dia. Ingat! Kita sedang mengalah, kita sedang melakukan perbuatan yang sangat berlawanan dengan yang namanya ngotot.

 

#4 Katakan bahwa perbuatan tersebut tidak menghasilkan keuntungan apa apa

Jangan pernah mengatakan kalau kita mendapat keuntungan pribadi dari perbuatan kesalahan kita tersebut. Tunjukkan bahwa perbuatan kita tidak membuahkan hasil apa apa seperti yang kita inginkan.

Misalnya saat ketahuan selingkuh. anda bisa katakan

“Seks adalah perbuatan nista.” dan atau “Aku dihantui perasaan bersalah karena melakukan hal itu.”
atau ketika ketahuan korupsi “Sebenarnya aku juga ga mau makan uang haram.”

Artikel Cara Meredam Emosi dan Cara Terbaik Mengatasi Konflik akan sangat membantu ketika persoalan yang kamu hadapi memburuk.

Seperti itulah tips cara meminta maaf paling ampuh dari Meretas DC . Jika anda punya tips, trik atau pendapat lain yang lebih jitu mari kita diskusikan di kolom komentar.

Jika artikel cara meminta maaf ini bermanfaat untuk anda, tolong Share atau bantu peningkatan blog ini dengan membaca artikel meretasdc yang lain : )

44 KOMENTAR

  1. minta maaf juga ada cara nya ya :v

    Kalo saya mah minta maaf langsung ngomong :v maaf ga di maafin bodo ama :v

    • kalau orang yang bersangkutan orang yg penting bagi kita kan lain lagi ceritanya gan ..
      apalagi kalau penilaian orang tersebut sangat menentukan nasib kita contohnya Boss anda

      • kalo mnta maaf ke teman karena salah dalam bicara dan sekarang dia jadi bete dan tidak mau bcara saranya gimana boss??

    • memberi hadiah memang akan mengalihkan perhatiannya dari kesalahan kamu sob. tapi nilai kesalahan mu dimatanya tidak diperkecil seperti trik di atas.

  2. Kalo saya minta maaf nya pake sosmed pasti di maafin tapi kadang juga minta maaf lgsung btw nice post

    • saya melakukan kesalahan pada pengalaman saya itu gan. setelahnya baru terpikir cara cara yang lebih baik. hasilnya yaitu cara cara diatas ^_^

  3. menurut pendapat saya jika kita bersalah kita harus rendah hati meminta maaf hal ini akan lebih baik dari pada sebelum kita meminta maaf dan orang tersebut sudah memaafkan kita terlebih dahulu

  4. mantep gan tipsnya, sebelum minta maaf sebaiknya barengi dulu dengan mengakui kesalahan yg telah dibuat lalu mempertanggung jawabkannya dan berjanji untuk tidak melakukan kesalahan yang sama untuk ke-2 kalinya 😀

  5. yang penting jgn di ulangi lagi ya mas. kalo sudah percaya dengan jurus-jurus ini kalo di ulangi bisa bahaya nih.

  6. nah saya setuju ini kang, kalo sempat dilangi rasa kepercayaan pacar jadi berkurang ya kang 🙂

  7. Bagaimana jika kita telah melakukan kesalahan tersebut untuk yang kedua kalinya? Apakah cara diatas masih bisa digunakan?

  8. Satu hal yang saya ketahui adalah, bahwa beberapa kesalahan tidak dapat dimaafkan dengan seketika, terkadang butuh waktu bagi orang tersebut untuk memaafkan kita.

    Tetapi, walaupun tidak akan langsung dimaafkan, kita tetap harus segera minta maaf apabila melakukan kesalahan.

  9. Sya pas skli mnglmi kjdian sperti ni..
    Sya sdh brusaha sebaik mngkin ttpi knp sya bgtu sulit d maafkn
    Sya tau sya ad slh tp sy sdh mlkukn smmpuku
    Knp y???
    Aku sngt tulus mint maaf …aku ingin d maafkn n tdk brntm lgi

  10. Said sarannya gokil banget baru dilakuin satu aja dia udah mau ngomong gua lakuin semuanya di maafin gua thx banget buat writernya

  11. Gan, kalo kita sengaja ngebentak temen cewek trus kita sadar kita salah, itu cara minta maafnya gimna, tolong bantuannya

  12. kalau mintak maaf sma pacar kita tapii pacar kita kita itu tdk mau memaafkan kita itu bagaimna boss?

  13. Barusan googling krn pacar marah. Setiap habis ngomel diakhir nya slalu tanya “respon kamu apa?” . suka dibilangin kaya anak kecil. Sbenernya umur qt ngga terpaut jauh. Cuma 6tahun. Tapi kadang suka bingung harus respon dia gimana? Takut salah2 ngmg dia mlh tmbh bilang aku kayak anak kecil. Ngga direspon dibilang susah pacaran sama anak kecil nyakitin *jadicurhat.
    Tapi setelah baca ini, muncul gambaran apa yg mau aku ucapin. Makasih min kadang minta maaf keorang penting itu emg ngga segampang jeplak

  14. jika kesalahan sbelum nya itu trulang dan bahkan sudah brjanji tdak akan mengulangi lagi namun ksalahan itu trulang kembali karna lupa dengan janji nya, dan dia sngat kecwa dengan nya.. gimna cara nya agar dia bisa mmafkan nya.. gan tolong saran nya dong

  15. Intinya meminta maaf dengan tulus dan iklhlas, pasti hasilnya akan baik juga dan mendapatkan ketulusan juga

  16. Kalo udh ngelakuin hal diatas, trus doi mnta kita tentuin hukuman buat kita sndiri kalo trjadi kesalahan yg sama. Apaan ya kira2? Ga mungkin putus juga

  17. Minta maaf dngan di siipi quotes,
    “… Aku tau ini kesalahan ku dan aku menyesal. Tpi… jika pemberian maaf mu pada orang yg tidak bersalah, aku akan minta maaf pda siapa lgi..??
    Atau apalah :3

  18. Aku memang salah,jadi aku pantas
    Mendapatkan hukuman, jadi kamu berhak marah marah, karena kebawelanku, kekeras kepalaku… Aku siap nerima hukuman
    Yang seberat beratnya….

  19. Baru ini saya dputusi pacar krn kesalahan pahaman ,dia udh terlanjur sakit hati padahal udh d jelaskan ,tpi dia ga mw maafi saya,pdhal saya udh menggunakan trik sprt itu tpi tetap aj dia masih marah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here