Beranda Trik Psikologi Cara Menolak Permintaan tanpa Rasa Bersalah sedikitpun

Cara Menolak Permintaan tanpa Rasa Bersalah sedikitpun

9

Ketika kita dimintai tolong oleh orang lain tapi berat bagi kita untuk melakukannya bilang saja “tidak mau” . tapi jika kita berpikir mengatakan ‘tidak’ akan membuat kita masuk kedalam babak percekcokan atau akan membuat kita merasa tidak nyaman maka Meretas DC punya trik yang sangat cocok untuk digunakan. Yaitu :

cara menolak permintaan orang lain

Cara Menolak Permintaan Tanpa Rasa Bersalah.

Sebelumnya mari kita kenalan dulu sama yang namanya hukum timbal balik.

Pernahkah ketika kita melihat lihat pakaian di toko baju lalu pelayannya menunggu lama buat menemani kita, setelahnya kita merasa tidak enak hati kalau tidak membeli karena sudah menghabiskan banyak waktu pelayan itu ?. hasilnya kita membeli satu ! padahal kita tidak terlalu suka modelnya.

atau

Ketika ada seseorang yang begitu baik pada kita sehingga apapun permintaannya akan kita lakukan karena tidak enak hati dan merasa harus balas budi ?.

Masalahnya adalah kita merasa berhutang atas apa yang telah dia lakukan.

Saran saya jangan terjebak sama pelayan yang menunggu kita seperti contoh di atas, dia sudah mengetahui trik-nya. Kebetulan trik tersebut adalah hukum timbal balik. Nah sudah mengerti kan apa itu hukum timbal balik yang saya maksud ?. Ternyata hukum timbal balik ini bisa di terapkan secara terbalik lho. Kita bisa memanfaatkannya untuk menolak permintaan siapapun tanpa rasa bersalah sedikitpun.

Bagaimana caranya, menolak permintaan tanpa rasa bersalah ?

Jadi, ketika kita menolak permintaan seseorang mintalah sesuatu kepadanya tepat setelah kita berkata “tidak” .

Pastikan permintaan kita itu adalah permintaan yang kemungkinan besar tidak dapat dia kabulkan. Jadinya kita berkata “tidak”, dia juga berkata “tidak” . Situasi ini akan membuat dia tidak terlalu mempermasalahkan penolakan kita.. Kita pun tidak perlu merasa bersalah karena dia juga menolak permintaan kita.

Contohnya : 

ketika teman kita menelpon ingin meminjam uang , kita bisa menjawab “maaf nih sob ga bisa pinjemin karena aku juga sedang perlu duit. Btw bisa tidak aku minta kamu anterin motor adekku ke banjarbaru sekarang ?” . kini dia akan minta maaf ke kita dan memberikan alasan kenapa dia tidak bisa melakukannya. Bahkan dia akan kesulitan mendesak kita setelah dia melakukan penolakan. Cara ini sudah sangat efektif menurut hemat saya namun kita harus pastikan dulu permintaan kita haruslah tidak dapat dia penuhi namun tetap logis.

Oh iya jangan remehkan kata “karena” seperti contoh diatas. kata “karena” ternyata memiliki sebuah kekuatan tersendiri silahkan baca Artikel INI.

Jadi gunakanlah kata “karena” setelah kita bilang ‘tidak’ dan sebelum kita memintanya melakukan sesuatu untuk kita.

Lalu bagaimana jika dia bersedia melakukan permintaan yang kita buat ? jika permintaan itu sangat lah berat namun dia tetap melakukannya kenapa anda tidak balik membantunya juga. Tinggal kita pertimbangkan saja.

Baca juga artikel Cara menagih hutang paling jitu.

Nah begitulah caranya menolak permintaan tanpa harus merasa bersalah. semoga bermanfaat.

9 KOMENTAR

  1. Cukup Efektif 😀 Tapi Terkadang Teman Saya Malah Bilang "Gitu Lo Bro !" 😀
    Diwajarin Aja Sih ;D Temen Saya Juga Terlalu Baper ! Ditolak Dikit Ngambek

    • Meskipun hasilnya ngambek namun dengan cara diatas setidaknya dia jadi tidak terlalu mempermasalahkan penolakan itu mas.
      sedikit lebih baik daripada penolakan dengan cara biasa

    • apakah sudah di coba ? pasti belum ya.
      karena lawannya adalah manusia dan dan kita perlu kemampuan untuk menyampaikan permintaan kita tersebut secara benar maka tentu saja ada kemungkinan gagalnya

  2. yang aga ribet tuh kl menghadapi tmn yg pantang menyerah buat pinjam uang,,di tolak dr nominal aga lumayan,,sampe nawar pinjem ke nominal terkecil,,terus kalau misal skrg di tolak,,besok2 masih tetep coba pinjem lagi..
    jd kadang kita hrs nyiapin berbagai alasan untuk penolakan2 berikutnya..
    biasanya kita nolak karna tau yg mau dipinjemin suka susah bayar..

    kl untuk berbagi trik selain pake cara di atas td,,biasanya saya janjian sama temanteman,,seolah2 saya udah minjemin dia uang atau sebaliknya,,jd ketika si org yg mau pinjam itu mau pinjam ke saya,,alasannya “ya.. udah dipinjemin ke si andi,ga ada lagi” misalnya..
    pas yg pinjem mau pinjem ke si andi,,alasannya “saya jg baru pinjem ke si itho”

    kl pake alasan itu bisa nyelametin 2 org sekaligus dari si teman yg mau pinjam uang

  3. Kalo saya, kalo nominalnya kecil..ya itung2 sidaqoh…tapi klo besar…dan yg pinjem orangnya kecil kemungkinan ngembaliin..ato malah bisa ngelunjak…sya pinhami pake MAXIMAL setengah dari yg dia butuh…klo dia minta pinjem sejuta, bilang aja…gw adanya 300…terserah…mau apa ga??
    Klo dia ambil…klo sampe ga mbalikin yawdah…ikhlasin aja…klo ngembaliin ya Alhamdulillah….klo belum ngembaliin kok pinjem lagi…tagih aja dulu pinjeman yg sebelumnya…biasanya ngeles tapi ya mati kutu…jadi ga mau/bisa pinhem lagi…

  4. Gimana caranya menolak teman yg minjem kipas, teko air panas, dan tivi saat kita akan pulang kampung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here