Beranda Trik Psikologi Cara Mengetahui Orang Berbohong hanya dengan Sebuah Pertanyaan

Cara Mengetahui Orang Berbohong hanya dengan Sebuah Pertanyaan

51

Pernahkah terpikir untuk menguji kejujuran teman atau pacar kita dengan alat pendeteksi kebohongan ?

Dalam kasus ini ketika diri kita merasa ada yang tidak beres kita kerap berpikir bahwa seseorang telah membohongi kita. Tapi biasanya kita dalam keragu raguan, lalu kita mencari cari cara tentang cara mengetahui orang berbohong.

Banyak yang menyarankan untuk membaca bahasa tubuh, dengan begitu kita dapat mendeteksi seseorang sedang berkata jujur atau berbohong, namun tentu saja cara seperti itu membutuhkan keahlian khusus. Sulit dan tidak terlalu pasti.

Yang akan Meretas DC bahas bukan cara mendeteksi kebohongan dengan melihat bahasa tubuh, Bukan sepenuhnya.

Trik yang dimaksud sangat berpengaruh terhadap kehebatan si pembohong. Maka dari itu ada baiknya mengenal dulu karakter-karakternya. Umumnya sih ada dua tipe pembohong yaitu yang mahir dan yang tidak.

Tipe – tipe pembohong :

  • Pembohong Sesekali. Pembohong tipe ini tidak biasa dalam berbohong. Tiap berkata bohong akan ada jeda waktu karena ia harus mengarang penjelasannya lebih dulu (kecuali memang sudah dipersiapkan). Setiap kali dia berbohong maka akan dihadapkan dengan ketakutan terhadap kebenaran yang sedang ia tutupi. Oleh karena rasa takut tersebut ia akan bertingkah laku tidak seperti biasanya.
  • Pembohong Pro. Nah yang ini sudah mahir berbohong sehingga biasanya jeda waktu ketika berbohong sangat sedikit. Dia sudah ahli karena sudah banyak berbohong sepanjang hidupnya. Yang penting bohongnya lancar dulu penjelasan penjelasan yang mengiringi di pikir belakangan.

Namun pembohong profesional sekalipun akan ketahuan sifatnya jika kita sudah cukup lama mengenalnya.

Di artikel yang satu ini saya bahas bagaimana cara menolak permintaan. Terkadang anda harus tenang dalam menyikapi penipu atau seseorang yang berusaha membohongi anda.

Ciri Ciri dan Sifat Pembohong :

  • Sering bercerita yang tidak masuk akal. Cerita biasa pun di tambah bumbu bumbu yang berlebihan. Tidak jarang orang yang asik dalam pertemanan dan mempunyai banyak kisah untuk diceritakan ‘suka berbohong’ agar ceritanya terdengar menarik;
  • Menceritakan tentang dirinya berkali kali dan kadang ceritanya kerap berubah;
  • Banyak bersumpah. Ketika ia merasa sedang jujur untuk suatu hal yang tidak serius dan tidak terlalu besar saja dia akan bersumpah.

Sebab – sebab berbohong dan bentuk bentuk kebohongan sudah dijelaskan lengkap di wikipedia tapi tampilan tulisannya kurang menarik. Saya tidak ingin berlama lama membahasnya karena inti dari artikel ini hanyalah sebuah Trik untuk mengetahui seseorang sedang jujur atau bohong.

Untuk sekedar jaga jaga anda bisa melakukan sebuah tes. Tes ini bertujuan untuk mengamati polanya saja . Anda tidak perlu mempelajari bahasa tubuh dengan serius.

Bagaimana tes nya ?

Pertama anda bisa berikan pertanyaan yang jawabannya cenderung jujur, lalu amati prilakunya.

Lalu kedua anda bisa berikan pertanyaan yang anda anggap jawabannya pasti bohong atau membuatnya mengelak, lalu amati lagi prilakunya.

Ingat ingat kedua tingkah laku tersebut untuk jaga jaga di kemudian hari. Anda akan tau secara samar samar saja ketika ia sedang membohongi anda atau jujur.

Lalu bagai mana cara mengetahui orang berbohong yang paling efektif ? yang tidak terlalu samar samar hasilnya ?

cara mengetahui orang berbohong

Dengan cara ini kita bisa mengetahui apakah yang di katakannya benar atau cuma sebuah tipuan untuk menyembunyikan kebenaran.

Proses nya adalah dengan memberikan sepotong kenyataan dan melihat bagaimana ‘kecurigaan’ kita mengendalikannya.

Kita bisa mengetahui kebohongan orang dengan mengajukan minimal sebuah pertanyaan saja.

Kita bisa menggunakan cara ini pada situasi dan kondisi tertentu untuk mengecek kebenaran tentang alibi seseorang.

Cara ini disebut LEMPAR TEKA-TEKI… Hasilnya? Silahkan anda yang menilai.

CONTOH :

Ketika seorang wanita mencurigai bahwa suaminya tidak berada di rumah makan seperti apa yang di dalihkan melainkan sedang berkencan dengan wanita setelah pulang kerja.

Pertanyaan apakah dia benar benar ada di rumah makan bersama teman kantor hanya akan mendesak dia untuk mengatakan ‘ya’.

Karena jika dia benar benar disana maka ia akan menjawab ‘ya’. Dan jika seandainya ia tidak disana pun ia tetap akan membohongi anda dengan menjawab ‘ya’. Hasilnya? wanita itu menjadi tidak tahu apakah harus percaya atau tidak.

Bentuk pertanyaan yang seharusnya adalah dengan menyuguhkan “FAKTA” yang di buat buat lalu kita tinggal melihat bagaimana lelaki tersebut menanggapinya.

Tapi pastikan bahwa fakta yang anda suguhkan masuk akal tetapi tidak benar.

Misalnya? wanita itu bisa mengatakan

“ku dengar lalu lintas disana sangat macet karena ada kecelakaan di depan rumah makan itu, ya?”

Jika dia tidak di tempat makan dia akan bingung apakah harus mengakui apakah ada kecelakaan atau tidak. Karena bisa jadi memang ada kecelakaan.

Setiap pembohong ketika di hadapkan dengan teka teki semacam ini sebagian besar akan ragu bagaimana menjawabnya.

Kalau dia benar benar ada di rumah makan maka dia akan menjawab :

“lalu lintas tidak macet. apa yang sedang kau katakan ?”

Sebaliknya pembohong tidak akan menjawab dengan yakin karena dia tidak benar benar berada disana sehingga jawabannya meragukan.

Jika dia ragu, mengubah topik pembicaraan, atau memberikan jawaban yang salah berarti cerita dia tidak benar.

Semuanya harus rinci, semakin rinci ceritanya semakin anda bisa mempercayai apa yang dia ceritakan. Cerita yang di karang karang sering mengandung banyak kejanggalan. Tinggal bagaimana kita mencermati saja.

Jadi, Apakah dia berbohong kepada anda ?

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, tolong Share atau membantu peningkatan blog ini dengan membaca artikel meretasdc yang lain : )

Bagikan :

51 KOMENTAR

  1. pertanyaan yang menjebak seperti itu gan yang cocok untuk membantu kita membongkar kebohongan hahah

  2. kadang saya reflex berbohong ketika diberi pertanyaan sbnr.a..g mau berbohong cm kdng binggung mau jwb ap/….hhe

    by dedi mekanikmitsubishi

    • meskipun biasanya di dalam sebuah lingkup pekerjaan kita di tuntut untuk tahu segalanya, tetap saja berbohong dampaknya buruk. sewaktu waktu akan terlihat.

  3. meretas kebohongan dgn pertanyaan yg cerdik ya gan. emang sih, sebenarnya ada byk cara jebakan agar pembohong kliatan bohongny…

  4. tips yang sangat bermanfaat sekali mas. bisa di coba nih. idenya sederhana. ga tau nih kalo di praktekin mudah ga ya

  5. “lalu kedua anda bisa berikan pertanyaan yang anda anggap jawabannya pasti bohong atau membuatnya mengelak , lalu amati lagi prilakunya.”

    Bagaimana caranya kita bisa tahu jawabannya pasti bohong? Mohon petunjuknya.

    • memang tidak semudah membalikkan telapak kaki sis. tapi lebih mudah mana di banding dengan mengetahui gerakan mata ? dan pilih mana diam saja saat merasa di bohongi atau mencoba menerapkan teknik ini ?

  6. Hal yang anda sampaikan merupakan hal yang unik untuk mengetahui seseorang berbohong atau tidak. Saya pernah membaca bahwa seseorang dapat mengetahui lawan bicaranya berbohong dari gerak gerik tubuhnya, menurut anda apakah hal tersebut dapat dijadikan unsur “pelengkap” dari tips anda?

    • Iya, bisa tapi untuk pembohong sesekali. Kalo untuk pembohong pro mah udah ga mempan. Ane udah pernah ketemu sama penipu pro yg kalo bohong matanya bener2 lurus liat kita dan gerak geriknya (gerakan tangan, dll) biasa saja

  7. Unik broo..lucu jadinya..hahah
    Kasian tu pembohong brusaha membohong tapi ketahuan juga..
    Makasih infony 🙂

  8. Weleehh… butuh pembiasaan kayak nyaa yaaa.. klihatan mudah tapi sbenarnya rumit. Klw tidak pandai bermain kata malah rancu dsn ga ketemu apa dia bhong apa jujur

  9. hemmmmmnnnnnn,,,
    kalau kasus LDR gimana gan.?
    kan kita nggak tau persis lokasi seseorang atau pasangan kita yang jauh disana..

    • kalau LDR menurut saya tidak masalah jika sedikit lebih posesif . asalkan masih di dalam batas kewajaran. Misalnya jika dia bilang sedang ke mall dengan teman maka agan bisa saja meminta dia untuk memoto dua buah jarinya dengan latar belakang dimana dia sedang berada.

      tapi , jangan terlalu sering karena setiap kali anda meminta bukti seperti itu artinya anda sedang dalam keadaan tidak mempercayainya. semakin kentara ketidak percayaan anda yang di perlihatkan akan membuat hubungan LDR anda bermasalah.

  10. Teki teki yg hebat. Jd selama Ini aku yg salah kasih pertanyaan buat doi!!?? Patut do coba dengan pertanyaan teka teki mu.

  11. Hai Ka mau nnya dong,gua pnya ade sepupu yg suka bgt bohong bahkan buat hal kecil skalipun. smua kluarga udh kewalahan bgt ngadepin dia,cara ngadepin org kya gtu gmna ya ka?

    • apakah dia masih kecil ? mungkin dia bisa di perlihatkan dengan contoh pembohong dewasa dan tunjukkan padanya si dewasa tersebut merugi karena sifat bohongnya. misalnya di jauhi teman dan sebagainya.

  12. mas, kalo semisal kasus nya, org yg sedang berbohjong sedang menyembunyikan rahasia, cara menguak rahasia nya gmn ya? soalnya org nya sangat tertutup. mohon bantuan nya

    • kalau rahasianya mempermalukan dirinya akan sangat sulit mas. tapi jika menyangkut orang lain mungkin mas bisa coba berbagi rahasia dulu. tujuannya adalah agar dia juga membagi rahasianya ke anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here