Beranda Android 16 Aplikasi Android terbaik untuk IT Technical Support

16 Aplikasi Android terbaik untuk IT Technical Support

3

Perangkat android kerap digunakan untuk mendukung aktivitas kita sehari hari… Sebagai seorang IT kita harus bisa memanfaatkan gadget canggih kita untuk hal hal yang berguna, terutama di sisi pekerjaan. Entah itu network admin atau apapun.

Berikut ini adalah aplikasi android yang akan membantu anda dalam menjalani pekerjaan sebagai praktisi IT – Technical Support (Tested by Admin) :

1. AndSMB

Sebagai IT tentu saja anda sudah mengenal fitur sharing folder pada Windows. Sharing folder memudahkan kita untuk berbagi data. Biasanya pada sebuah komputer di sharingkan foldernya agar menjadi tempat penampungan file yang bisa di akses siapa saja.

Pada linux kita bisa mengakses shared folder itu menggunakan SAMBA. Kabar baiknya Android itu adalah Linux. Jadi dengan aplikasi andSMB anda dapat mengakses ke sharing folder di komputer kantor melalui hp Android. Syaratnya Android anda harus terkoneksi dengan jaringan kantor.

 

2. ES File Explorer

ES File Explorer memiliki banyak sekali fitur. Mulai dari Memanajemen File, Mengeksekusi file berjenis rar, Manajemen Download, FTP Client-Server sampai dengan SaMBa seperti pada aplikasi andSMB.

Sehingga file explorer satu ini dapat kita gunakan untuk mengakses file yang dishare pada komputer kita seperti pada gambar dibawah.

ES File Explorer - Aplikasi untuk IT

Selain itu dengan FTP (File Transfer Protocol) memungkinkan kita untuk meremote file di ftp server dengan android. Artinya aplikasi ES File Explorer dapat menggantikan Filezilla pada Windows.

 

3. Keyboard Hacker

Hacker Keyboard menyediakan tombol lengkap seperti pada keyboard komputer asli. Keyboard ini sangat memudahkan bagi IT yang terkadang memerlukan karakter khusus pada saat meremote komputer, misalnya tombol tab atau F2 dan lain sebagainya.

 

4. Juice SSH

Jika Anda terbiasa menggunakan Telnet atau Ssh untuk remote server, di Android ada juiceSSH yang bahkan menurut saya pribadi lebih powerfull jika dibandingkan dengan putty pada Windows.

 

5. Google Drive

Sebagai IT anda pastinya memerlukan media penyimpanan data yang bisa di akses dimana saja.

Sampai saat ini sudah banyak sekali layanan penyimpanan file gratis di internet, misalnya Google Drive. Karena dikelola langsung oleh google maka tidak ada keraguan file file didalamnya akan terkena Hack. Alternatif lain juga ada Dropbox dan Box.

 

6. PingTools Network

aplikasi untuk IT -Pingtools

Network administrator wajib memiliki aplikasi android yang satu ini. Fungsinya tidak sebatas ping saja, tapi juga trace, subnet scanner, wifi scanner, port scanner dan lain lain.

 

7. WPS Office

Untuk membuka dokumen dokumen hasil olahan dari microsoft office tentu saja anda memerlukan aplikasi pengolah dokumen. untuk urusan dokumen WPS Office yang paling lengkap.

 

8. SHAREit atau Superbeam

Masih menggunakan bluetooth untuk transfer data antar HP? sudah kuno dan terlalu lambat. Harusnya IT menggunakan media yang lebih cepat yaitu Wifi. Aplikasi Share IT atau Superbeam akan membantu kita mengirimkan data melalui wifi baik antar android maupun ke komputer. Kecepatannya? seperti memindahkan file dari Flashdisk ke PC.

 

9. VNC Viewer

VNC adalah Aplikasi remote komputer melalui jaringan lokal (tidak lewat Internet). Aplikasi ini Cocok untuk Server VNC yang mana saja, entah itu Real VNC maupun Tight VNC.

Dengan VNC client di genggaman, kita tidak perlu lagi harus membuka laptop dulu untuk bisa membantu pegawai yang mengalami trouble.

 

10. Teamviewer

Berbeda dengan VNC Viewer, Teamviewer menggunakan internet untuk meremote desktop komputer, Sehingga memungkinkan kita untuk meremote jarak jauh meskipun sedang berada diluar lingkungan kantor.

 

11. VPN – Virtual Private Network

aplikasi android IT vpn

Banyak sekali kegunaan VPN. Salah satunya membuka website yang diblokir oleh pemerintah.

Masalahnya tidak semuanya yang diblokir pemerintah itu situs jelek. Misalnya Reddit, banyak konten didalamnya yang bisa menambah pengetahuan kita.

Untuk membuka web yang di blokir tadi aplikasi vpn terbaik yang saya rekomendasikan adalah Opera Vpn. Karena menang nama dan sudah teruji keamanannya.

Selain itu Vpn juga digunakan sebagai jalur khusus untuk mengakses ke jaringan tertentu, misalnya jaringan kantor kita. Tergantung kantor masing masing memakai layanan yang mana, di aplikasi android ada Vpn Capsule untuk menghubungkan ke Checkpoint EndPoint. FortiClient untuk terkoneksi ke Vpn Forti dan lain sebagainya.

 

12. Termux – Aplikasi untuk IT (linux user)

Mempelajari linux itu tidak wajib, tapi jika anda menguasainya maka anda mempunyai nilai spesial dibandingkan IT yang lain.
Di android anda bisa menginstall linux secara virtual menggunakan linux deploy, tetapi berat.

Anda juga bisa menginstall kali linux nethunter pada android, namun terlalu beresiko terhadap kerusakan sistem.

Solusinya adalah menginstall aplikasi termux. Dengan memakai termux anda dapat menjalankan berbagai macam fungsi aplikasi linux dalam mode text misalnya aplikasi nmap, ssh dan lain sebagainya.

 

13. CamScanner

Seperti namanya, Fungsi utama aplikasi ini adalah sebagai mobile scanner.

Arahkan kamera ke dokumen yang ingin anda scan lalu secara otomatis aplikasi ini akan mengambil sudut sudut dan menata gambar tadi. Hasilnya sangat memuaskan seperti hasil scan melalui mesin scanner.

 

14. Catatan dan To do List

Seorang IT (khususnya saya sendiri) memerlukan media untuk mencatat atau merekam sesuatu yang dianggap penting. Kita tidak dapat mengingat semuanya, apalagi kode kode yang rumit.

Untuk mencatat berbagai hal tadi kita membutuhkan aplikasi catatan misalnya yang paling ringan ada Colornote. atau yang paling lengkap yaitu Evernote, dengan evernote selain menyimpan text kita juga bisa menyimpan gambar dan suara. Tapi lebih berat.

 

15. SoloLearn

aplikasi android IT - SoloLearn

Anda seorang IT yang sedang belajar bahasa pemprograman ? Adalah Sololearn aplikasi android yang dapat membuat kita tidak bosan dalam mempelajari bahasa program. Di akhir sesi setiap pembelajaran akan disertai dengan pertanyaan pertanyaan yang menguji kita. Di ujung pembelajaran ada sertifikat dari sololearn yang menanti. Sangat Bagus.

Pelajarannya akan terserap dengan baik dengan metode yang digunakan sololearn.

 

16. Udemy

Udemy adalah situs belajar atau kursus online. Biasanya konten video yang disajikan berbayar (kadang kadang diskonnya besar besaran) dan ada banyak juga yang gratis.

Semua Materi yang disediakan udemy sudah lolos uji kualitas sehingga sudah pasti mantap dan mudah dimengerti.

Saya pribadi daripada kursus mahal-mahal mending belajar di Udemy. Aplikasi Udemy tersedia gratis di Android agar anda bisa mengikuti pelajarannya secara mobile.

Itulah sedikitnya 16 Aplikasi Android untuk mendukung pekerjaan kita sebagai IT Technical Support.

Jika ada aplikasi favorit anda yang tidak disertakan silahkan share di kolom komentar : )

3 KOMENTAR

  1. Ass….
    Mau Tanya Mas…. di tempat saya kerja di ruangan saya ada radio d-link untuk wifi… tp yang jadi masalah ip adrres untuk settingannya itu yg tahu.. ruangan lain karna saat pemasangan mereka yg pasang..
    Makanya kadang kalau mereka merasa sentimen atau gimana aku ngk tau juga… mereka melakukan setting apa pada radio d-link di ruangan kami. Sehingga wifi saat kami pakai tidak berfungsi saat melakukan akses internet… kira2 apa yang bisa kami lakukan agar mereka tdk semena-mena lagi melakukan hal tersebut…apakah kami bisa mengambil alih fungsi melakukan setting itu.. makasih sebelumnya

    • akses poin d-link nya langsung ke provider (telkom, biznet dll) atau merupakan cabangan dari router di kantor ? kalau merupakan cabangan (hasil NAT) dari router utama ya tidak ada yang bisa anda lakukan. hubungi IT setempat.

  2. Min, Saya Kerja Sekolahan
    dan Punya Internet Speed 1GB
    caranya supaya bisa konek terus dirumah dengan Jaringan Sekolahan bagaiamana ya ???
    Makasih Min

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here