Beranda Trik Psikologi Agar Mudah Dipahami dalam Menjelaskan Sesuatu yang Rumit

Agar Mudah Dipahami dalam Menjelaskan Sesuatu yang Rumit

21

Anda mungkin sama saja seperti saya, jengkel bila harus menjelaskan sesuatu secara berulang-ulang. Berkaitan dengan hal tersebut kali ini saya memiliki kasus sederhana yang lucunya sering sekali terjadi.

Kasus nya seperti ini  :
suatu hari, ketika saya memperhatikan seorang bos sedang menyuruh nyuruh bawahannya dalam menata sebuah ruangan. sambil marah marah bos tersebut harus berulang ulang memerintah ini dan itu kepada bawahannya. ketika diperhatikan lagi ternyata respon orang yang disuruh agak lambat dan seperti kebingungan.

Dalam hal ini ada dua kemungkinan, kemungkinan yang pertama memang bawahannya yang kurang pengertian, loading lambat, menyebalkan. Sedangkan yang kedua adalah perintah perintahnya lah yang membuat bingung dan sulit dipahami.
Namun ketika anda melihat semua orang yang disuruhnya mengalami hal yang sama, menurut anda apa yang salah ?

ya ya yang salah adalah perintah orang itu yang tidak mudah dipahami.

Cara Agar Mudah Dipahami

Dengan menerapkan dua aturan dibawah ini anda bisa menjelaskan kepada siapa pun dengan hasil yang maksimal.

#1. Jelaskan Garis Besarnya

Aturan pertama ketika anda menyuruh orang lain adalah terlebih dulu dia harus mengetahui konteks informasinya. disini anda harus menjelaskan gambaran besarnya dulu.
menjelaskan rincian tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa seseorang memahami gambaran besarnya adalah seperti menyusun puzzle tanpa mengetahui gambarnya. susah. bahkan orang pintar sekalipun akan kebingungan ketika dijelaskan tetek bengek tanpa mengetahui gambaran hasil yang di maksud.

 

#2. Besarkan Harapan nya.

Penelitian psikologi pernah dilakukan :
para pekerja yang diberitahukan bahwa pekerjaan yang akan mereka kerjakan sulit dan rumit ternyata mengerjakan pekerjaan mereka dengan lebih tidak efesien dibandingkan para pekerja yang diberitahukan bahwa pekerjaan yang sama yang akan mereka kerjakan adalah mudah dan sederhana.
ekspektasi kita dan ekspektasi orang lain sangat mempengaruhi cara orang mencerna informasi dan karenanya mempengaruhi kinerja.

Jadi jika ingin agar seseorang  memahami sesuatu jelaskanlah konteks informasinya, gambaran besarnya lebih dulu, setelahnya beritahulah bahwa anda berharap dia memahaminya dan bahwa permasalahan itu mudah untuk dipahami. dan berikan motivasi positif yang bisa mempengaruhi dia yang dapat mempertahan kan antusiasme dia untuk mempelajari dan memahaminya.

Dalam dunia pendidikan, ketika anda disuruh mempelajari hitungan sin cos tan tapi tidak tahu gunanya apa bukankah anda menjadi malas mempelajarinya ?
lanjut baca :

Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa dengan mudah menjelaskan sesuatu untuk dilakukan dan mudah dipahami orang lain.

21 KOMENTAR

    • intinya sih agar mudah dimengerti. kalau kemampuan orang dalam mencerna penjelasan buruk di tambah penjelasan kita yang juga buruk bukankah akan semakin kebawah hasilnya.

  1. bagus juga gan, ane setuju banget , memang penyampaian yang benar itu sangat penting, walaupun orang nya pintar, jika pnyampaian dalam penjelesannya slah, mau di jelaskan berapa kali pun tetap salah , berlaku pula sebaliknya, walaupun orang nya agak lola atau agak kurang2 gitu, hehe, jika dijelaskan dengan baik dan benar seperti saran agan diaatas , pasti akan mudah di mengerti

    • gak sulit. seharusnya semua orang seperti itu dalam menjelaskan tapi kadang gak sadar. jadi ketika sudah menyadari bahwa penjelasannya kurang bisa di pahami harusnya menerapkannya jadi mudah saja.

    • tidak masalah mas muklis. lagipula saya jarang posting akhir akhir ini karena ada banyak kegiatan tak terduga.

  2. saya terkadang bahkan bisa kesal kalau menjelaskan sesuatu yang rumit yang telah saya buat sesederhana mungkin, masih saja tidak bisa di mengerti. Contohnya, seperti saya mengajari soal blogging, dan menjelaskan panjang lebar soal penggunaan label, pembuatan judul yang bagus. Kemudian, setelah susah payah di jelaskan dengan bahasa gamblang dan contoh, eh malah orangnya bilang sudahlah, gak ngerti.

  3. Mantap info nya .. masalah ini juga pernah terjadi di saya, namun itu semua saya ambil santai dan happy saja. karena ilmu yang kita bagi belum tentu di hargain orang lain.

  4. Terkadang apa yang kita pahami sulit di pahami juga olehnya dan sebaliknya jika ketidakpahaman kita terhadap apa yang diinginkan mereka. Tapi itu bukan masalah karena setiap orang bebas untuk memilih sebagaimana cara yang terbaik untuk saling memahami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here